Seksi Farmasi Dinkes Kapuas Hulu Monitoring ke Puskesmas Silat Hilir

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu terus berupaya memaksimalkan pelayanan kefarmasian, salah satunya melalui penyediaan obat, serta peningkatan mutu obat yang ada di Puskesmas.

Untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman kepada seluruh jajaran petugas kesehatan ditingkat Puskesmas dalam pengelolaan obat dan vaksin yang baik dan benar, Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman rutin melakukan monitoring ke seluruh Puskesmas dilingkungan Dinas Kesehatan Kapuas Hulu.

Kamis (20/2/2020) kemarin, Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan monitoring rutin pengelolaan obat dan perbekalan kesehatan di Puskesmas Silat Hilir

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Agustina R. Pakpahan, S.Farm., Apt selaku Kepala Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman Dinkes Kapuas Hulu.

Dalam kesempatan tersebut, Agustina menjelaskan tujuan monitoring ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pengelola obat puskesmas tentang pengelolaan obat dan vaksin yang baik dan benar. 

“Serta koordinasi antar lintas program di Puskesmas tentang kebutuhan obat juga harus selalu terjaga. Sehingga obat dan vaksin yang dikelola tetap dalam kualitas yang terjamin mutunya serta dapat memberikan pelayanan kefarmasian yang maksimal kepada masyarakat,” ungkap Agustina.

Dengan adanya monitoring tersebut, dirinya berharap seluruh petugas kesehatan yang menangani pengelolaan obat di Puskesmas terus meningkatkan kinerja pelayanan sesuai standar kepada masyarakat. “Karena yang menyangkut kualitas obat ini sangat penting, maka mutunya harus terjamin,” tuntasnya.