Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, BKPSDM hadiri Rakorkab Sensus Penduduk 2020

Rapat Koordinasi tingkat Kabupaten Sensus Penduduk Tahun 2020 di Kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan di Aula BAPPEDA Kabupaten Kapuas Hulu yang dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas Hulu yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bapak Bahtiar, S.P., M.Si. yang didampingi oleh Kepala BPS Kapuas Hulu beserta Forkopimda Kapuas Hulu, jum’at 14/02/2020.

Dalam Rakorkab Sensus Penduduk Tahun 2020 di Kabupaten Kapuas Hulu bertujuan untuk menentukan dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan di berbagai bidang antara lain, Pendidikan, Kesehatan, Perumahan, Tenaga Kerja dan Bidang lainnya. Selain itu, tujuan Sensus Penduduk tahun 2020 adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 akan dilakukan secara online dan mandiri melalui laman https://sensus.bps.go.id yang dimulai pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020. Setelah melakukan sensus secara online, dilanjutkan dengan sensus penduduk wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 31 Juli 2020 yang akan dilakukan secara langsung oleh petugas sensus yang berkunjung ke rumah penduduk secara langsung (door to door).

Pelaksanaan Rakorkab Sensus Penduduk 2020 dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Instansi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu yang terdiri dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah di antaranya dihadiri oleh BKPSDM Kapuas Hulu hingga Camat se-Kabupaten Kapuas Hulu.

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu berharap sensus penduduk tahun 2020 ini akan memberikan kontribusi yang besar bagi penataan data penduduk yang lebih akurat, tepat dan mutakhir sehingga di Kabupaten Kapuas Hulu memiliki satu data yang terintegrasi dan tersinkronisasi antar Instansi Pemerintah yang berkepentingan dengan data penduduk, sehingga ke depannya tidak ada lagi penduduk yang belum didata dan tercatat dalam sensus penduduk 2020. (UF).