SEKERETARIS SAT POL PP KAPUAS HULU HADIRI PERINGATAN HARI PERS NASIONAL

Sekretaris Satuan Polisi pamong Praja Kabupaten Kapuas Hulu menghadiri kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Insan Pers di Kapuas menggelar Dialog Pencegahan Berita Hoax dan Ujaran Kebencian menjelang Pilkada Kapuas Hulu Tahun 2020, bertempat di Grand Banana Hotel Putussibau, Kamis (13/2/2020).

Ketua Panitia peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Timotius menyatakan, peringatan HPN dilaksanakan Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985 HPN yang telah digodok, sebagai salah satu butir keputusan kongres ke-28 PWI yang dilaksanakan di kota Padang, Sumatera Barat, pada tahun 1978.

“Hal tersebut disetujui dewan pers dan disampaikan kepada pemerintah dan jajaran sehingga diperingati setiap tahun yang diselenggarakan di setiap provinsi secara bergantian,”

Dalam sambutannya Kapolres Kapuas Hulu, yang diwakili Kabag Sumda Polres Kapuas Hulu Kompol Tedjo Sasono menyampaikan di era globalisasi seperti sekarang peran pers sangat penting,karena dunia digital sudah sangat canggih. Maka peran pers juga diharapkan bisa membentengi pengaruh negatif dari luar, untuk mencerdaskan dan mempersatukan bangsa dan negara, Pihak kepolisian Sudah membuka diri tapi bukan arti yang selama ini tidak semua dan selama nya secara terbuka karena berdampak kepada proses hukum dan penyidikan lebih lanjut karena pihak kejahatan juga mengguna media  dan oleh sebab mohon maaf kepada media kalau ada tidak terkonfirmasi secara segera

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2020-02-13-at-15.14.44-300x138.jpeg

Sementara itu Pj. Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Dra.Hj. LINDA PURNAMA,M.Si yang mewakili Bupati Kapuas Hulu menyampaikan Permohonan Maaf kepada Pihak penyelenggara dan semua peserta yang hadir karena Bupati tidak bisa hadir pada acara tersebut.

Melalui Pj. Sekda Bupati Kapuas menyampaikan salam hormat kepada semuanya dan mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada semua insan Pers di Kabupaten Kapuas Hulu.

Bupati menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya HPN 2020, ini bukti konkrit bahwa pers komitmen dalam mengisi pembangunan, menjadi media yang independen dalam Pemilukada di Kapuas Hulu tahun 2020.

Perkembangan berita online memang sekarang tidak dipungkiri dan sudah menggeser media cetak, bahwa Insan Pers diharapkan ikut membangun optimisme masyarakat dengan narasi-narasi yang baik bagi masyarakat.

Apalagi  konsumsi media sosial di Indonesia yang cukup tinggi, pengguna Media Sosial terbesar ke 4 di dunia, dan masyarakat juga masih minim dengan literasi dan menerima informasi yang diterima, sehingga penggunaan medsos menyebar tanpa melacak kebenaran yang sesungguhnya. Inilah pemicu hoax ditengah masyarakat. Mari kita bersama-sama memerangi Berita Hoax.

“Dialog ini untuk menjaga agar penyelenggaraan Pilkada berjalan kondusif, untuk menghasilkan pemimpin daerah yang lebih baik di masa – masa akan datang,” harap Pj. Sekda.

Bagi pemerintah tambah Pj. Sekda, peran Pers sangat penting dalam menyampaikan informasi pembangunan di daerah, dan menyampaikan pesan – pesan moral bagi masyarakat, sehingga berita yang disajikan untuk meningkatkan pembangunan bagi masyarakat.

Lebih lanjut Hj. Linda Purnama menyampaikan, pada moment Pilkada, penebaran hoax memang semakin gencar, maka melalui dialog yang strategis ini bisa sebagai penyaring atas informasi yang beredar.