Dinkes Kapuas Hulu Laksanakan Kegiatan Advokasi dan Sosialisasi Program JKN/KIS

Upaya meningkatkan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu, mengadakan kegiatan advokasi dan sosialisasi program JKN/KIS bagi masyarakat Bumi Uncak Kapuas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinkes setempat, Kamis (6/2/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Herberia Karosekali, menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepesertaan JKN di Kabupaten Kapuas Hulu yang belum universal health converage (UHC).

“Selain itu, memberikan informasi yang sebesar besarnya bagi masyarakat akan manfaat menjadi peserta JKN,”tutur Dia. Kemudian meningkatkan cakupan kesehatan semesta (UHC) melalui pemberdayaan masyarakat. “Diharapkan melalui kegiatan ini terinformasi kepada masyarakatkebijakan daerah mengenai penyelenggaraan JKN di setiap Kabupaten/kota; meningkatnya pencapaian upaya kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat; Terinformasinya paket manfaat menjadi peserta JKN,” ucapnya.

Ditambahkannya, untuk sasaran kegiatan tersebut yakni tokoh masyarakat, Kades, Tokoh Agama, kader posyandu, kader PKK dan organiasi masyarakat. “Termasuk organisasi perangkat daerah dan kepala puskesmas”.

Diterangkannya, narasumber yang dihadirkan BPJS kesehatan cabang Kapuas Hulu, Dinas Kesehatan Kalbar, Seketaris pada Dinas Kapuas Hulu. “Metodologi yang digunakan dalam pertemuan yakni persentasi dan tanya jawab,” pungkas Herberia.