Kreasi Anak Dalam Menari

Laporan KIM Entugan Hulu

Hartiā€™ah

Informasi Suhaid. Tari kreasi adalah tari baru yang di rangkai dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik. Gerak ini bermula dari satu daerah atau berbagai daerah di Indonesia. Selain bentuk geraknya, irama, rias, dan busananya juga juga merupakan hasil modifikasi tari tradisi.

Pengertian tari kreasi adalah tari klasik yang mana mengalami perkembangan dan penambahan dari aransemennya karena mengikuti perkembangan zaman saat. Walaupun tari klasik ini mengalami perkembangan, namun tidak menghilangkan nilai-nilai yang di kandungnya.

Kecamatan Suhaid merupakan salah satu Kecamatan yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki ragam adat dan budaya. Seperti adat dan budaya dayak dan melayu.

Pada kesempatan Porseni pekan lalu setiap SMP di Kecamatan Suhaid menampilkan kreasi seni tari dari masing-masing adat budaya di daerahnya dan kegiatan tersebut yang membuat acara semakin semarak dan menarik minat anak dalam mengenal budaya daerahnya.

Kreasi seni tari tradisional tersebut merupakan bentuk nyata kepedulian mereka sebagai pemuda daerah untuk meningkatkan eksistensi budaya dimata masyarakat lokal, khususnya Kecamatan Suhaid. Dan harapannya acara semacam ini bisa menjadi pelecut untuk pegiat seni maupun budaya di Kecamatan Suhaid dan sekitarnya untuk tetap mengharumkan Kecamatan Suhaid melalui kreasi seni dan budaya.