Sepuluh Senator Senayan Kunjungi Kapuas Hulu

Sebanyak sepuluh senator dari sepuluh provinsi se Indonesia mengunjungi kabupaten Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat. Keseluruhan senator merupakan anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia.

Dari kunjungan itu para senator memberi apresasi kepada Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH. “Apa yang dilakukan Kapuas Hulu kepada kami selama berkunjung itu luar biasa. Sambutan Bupati Kapuas Hulu juga sangat baik,” ucap Helina Murib, Anggota Komite III DPD RI disela acara ramah tamah dengan jajaran Forkopimda Kapuas Hulu serta tokoh masyarakat, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Rabu (5/2/2020) pagi.

Anggota Komite III DPD RI lainnya, Pdt. Wilem T.P. Simamata menambahkan bahwa DPD berkunjung ke daerah untuk membawa kepentijgan daerah ke Pemerintah Pusat. “Kami merasakan ini ada kebersamaan, kebersamaan disini adalah topangan untuk melangkah kedepan. Kapuas Hulu akan raih banyak hal yang baik, dimasa akan datang,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I Komite III DPD RI, Evi Apita Maya, S.H M.Kn menuturkan pihaknya telah meninjau perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu. Termasuk objek wisata Taman Nasional Danau Sentarum. “Kami melihat danau Sentarum ini luar biasa bagusnya, tapi ini butuh fasilitas yang lebih memadai. Kami akan ada rapat dengan Kementerian Pariwisata dan akan kami sampaikan apa yang kami temukan di seluruh wilayah Indonesia, termasuk hasil kunjungan dari Kapuas Hulu,” tegasnya.

Menurut Evi ada beberapa aduan dari daerah yang diterima Komite III DPD RI selama berkunjung ke daerah-daerah. Beberapa diantaranya perlu adanya sarana untuk kaum disableitas, kemudian terkait penghapusan UN dan assesment masih ada kebingungan yang terjadi di masyarakat. “BPJS juga banyak keluhan dari seluruh Indonesia, baik iuran bulanan, pelayanan, anggaran bocor serta isu penghasilan pegawai BPJS yang tidak masuk akal, semua hal ini akan kami soroti,” tuntasnya.

Adapun nama-nama unsur Komite III DPD RI yang melakukan kunjungan ke Kalimantan Barat adalah, Evi Apita Maya, S.H. M.Kn Rakhman, Erlinawati, Pdt. Wilem T.P. Simamata, H.M Fadhil Rahmi, Lc, H. Abdi Sumaithi, Fernando Sinaga, Dr. H. Hilmy M, Hj. Andi Nirwana, Andi Muhamad Ihsan dan Helina Murib. Dari sebelas anggota DPD yang telah berkunjung ke Pontianak, Kalbar, satu diantaranya tidak melanjutkan perjalanan ke Kapuas Hulu lantaran sakit. (yohanes)