PENGAWALAN PENGAMANAN KOMITE III DPD-RI PENINJAUAN PENANGKARAN IKAN ARWANA

Satuan Polisi pamong Praja kab. Kapuas Hulu menurunkan 15 personil anggota telah melaksanakan pengamanan Bupati Kapuas Hulu dan Delegasi  KOMITE III DPD-RI   dalam rangka kegiatan meninjau Penangkaran Ikan Arwana dan kepulangan menuju Bandara Pangsuma Putussibau.

Rombongan DPD-RI dengan Bupati Kapuas Hulu beserta jajaran meninjau menuju penangkaran Ikan Arwana di Jaras  kecamatan Putussibau selatan di  Kediaman AGUS SETIAWAN ( Agus jaras ) .

Delegasi KOMITE DPD RI Mengetahui Informasi Harga ikan arwana di pasaran cukup tinggi. “Ini berkisar Rp 1,4 Juta sampai Rp 2 juta,”. Bahkan untuk arwana berukuran 40 sentimeter, harganya bisa mencapai Rp 20 juta. Ini tentunya dengan keelokan warna ikan tersebut

Agus mengaku dalam setahun dapat mengembangkan ikan yang dipercaya memiliki nilai magis itu dan diekspor ke Singapore, China, Malaysia, Jepang. Agus memaparkan ikan arwana akan bernilai jual tinggi bila warnanya penuh, bentuk badannya melebar dan kepalanya kecil.

Di tempat penangkaran ikan arwana itu, Delegasi  KOMITE III DPD-RI  mendapat penjelasan mengenai sulitnya proses penangkaran. Penangkaran itu boleh menjual ikan arwana keturunan ketiga (F3) dan keturunan keempat (F4). Pasalnya, keturunan pertama harus dikembalikan ke habitat aslinya di Danau Sentarum dan keturunan kedua dibudidayakan di penangkaran.

Agus mengatakan, penangkaran harus punya beberapa izin, termasuk izin perdagangan. “Ikan arwana yang diekspor pun harus dilengkapi chip untuk memastikan bahwa ikan itu merupakan F3 atau F4. Tanpa chip itu, kami tidak akan beri izin. Penangkaran ini merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian arwana yang memang butuh perhatian besar agar tidak punah,”

Sebagaimana diketahui, ikan arwana merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Bentuknya yang indah dan menawan menyebabkan harga ikan arwana cukup fantastis. Ikan ini bisa bernilai jutaan rupiah di pasar ikan hias. Salah satu sebabnya adanya mitos bahwa ikan Arwana adalah pembawa keberuntungan bagi pemeliharanya.

Setelah beres meninjau Rombongan DPD-RI dan Bupati Kapuas Hulu  beserta Jajaran berangkat dari Penangkaran Ikan Arwana AGUS SETIAWAN di jalan Lintas Barat menuju  Bandara Pangsuma tiba pada  Pukul 12. 45 Wib dan langsung menuju ke  Keruangan VIP Bandara Pangsuma.

Pada Pukul 14.00 Wib Rombongan DPD-RI beserta Bupati Kapuas Hulu  berangkat  menuju Pontianak menggunakan  Pesawat Wings air Penerbangan (IW1469) selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif