Dinkes dan Bappeda Susun Rancangan Awal RKPD 2021

Dalam rangka persiapan pelaksanaan penyusunan rancangan awal RKPD TA 2021, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Rapat bersama di Aula kantor Dinkes Kapuas Hulu, Selasa (28/1/2020).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, S.Sos menyampaikan, rapat tersebut bertujuan untuk menentukan lokasi prioritas program atau kegiatan, sesuai dengan prioritas daerah yang akan dicapai di tahun 2021 mendatang.

“Seperti di sektor Kesehatan, difokuskan pada penerapan SPM, peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat melalui percepatan penurunan stunting dan gizi,” terang Abang Muhammad Nasir.

Selain itu, tambahnya peningkatan pemerataan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta SDM Kesehatan yang ada di Bumi Uncak Kapuas. “Kemudian peningkatan status kesehatan dan gizi masyarakat, Ketersediaan obat, mutu obat, vaksin, alat kesehatan dan makanan minuman,” sambungya.

Selanjutnya kata Abang M. Nasir, program upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta peningkatan penyehatan lingkungan. “Berikutnya promotif dan preventif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), peningkatan penduduk yang menjadi peserta BPJS Kesehatan dan penduduk yang menjadi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)/Kartu Indonesia Sehat (KIS),” paparnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, yaitu pejabat struktural Bappeda dan jajaran Dinas Kesehatan, perwakilan dari Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas Hulu, dan kepala Bagian Kesra Setda Kapuas Hulu.