Disnakerintrans Lakukan Monitoring IKM Tepung Mocaf dan Tapioka Di UPT XVI Suka Maju

Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, tengah mengembangkan industri tepung singkong fermentasi atau mocaf  dan Tepung Tapioka menjadi salah satu bahan baku kuliner khas daerah.  Kedua jenis tepung ini menjadi produk unggulan daerah yang telah dicanangkan oleh Bupati kapuas Hulu.  Saat ini produk tepung mocaf dan tepung tapioka Kapuas Hulu dihasilkan di UPT XVI desa Suka Maju Kecamatan Mentebah. 

Kepala Bidang Perindustrian Hasnul Shabri, S.P., M.Sc. mengatakan monitoring ini bertujuan untuk melihat lebih dekat aktivitas produksi dan eksistensi dari IKM tersebut. “Produk mocaf dan tapioka dari IKM tersebut sudah lolos uji.  Hanya saja masih perlu dilakukan perbaikan-perbaikan guna meningkatkan dan terjaganya kualitas secara konsisten”.

Kepala Dinas Disnakerintrans Drs. H. Iwan Setiawan, M.Si mengatakan bahwa guna terjaganya kualitas, produk yang hieginis dan kepercayaan konsumen perlu dilakukan packaging dan pelabelan yang menarik.  Selain itu untuk melancarkan pemasaran perlu dilakukan promosi yang terus menerus,  berkoordinasi dengan dinas terkait, membangun jaringan pemasaran di Instansi-instansi lain (BUMD, BUMDES, Koperasi) dan para pelaku industri pangan lainnya. 

“Pemasaran Produk mocaf dan tapioka yang dihasilkan dari para pelaku IKM masih terkendala karena masih kalah saing dengan mocaf dan tapioka pabrikan dari Lampung, disamping itu mindset masyarakat terlanjur terbangun, terdoktrin dan terbiasa menggunakan produk pabrikan yang sudah lama beredar.  Akan tetapi para pelaku IKM ini jangan putus asa dan selalu semangat berusaha agar produknya juga dapat diterima oleh masyarakat luas”.

IKM merupakan sektor usaha yang mendominasi populasi industri dalam negeri serta berperan penting dalam pembangunan ekonomi nasional.  Pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) relatif stabil.  Tidak hanya itu, kemampuan IKM untuk menyerap tenaga kerja sangat tinggi. Oleh karena itu, Dinas tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi melakukan pendataan IKM dan pelaku-pelaku IKM di Kabupaten Kapuas Hulu.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Disnakerintrans Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Bidang Perindustrian, Kepala Bidang Transmigrasi, Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kepala Seksi Industri Pangan beserta para staf.  Dari unsur masyarakat ikut hadir Mantri Tani Desa Suka maju, dan para pelaku IKM.