Puskesmas Putussibau Selatan Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan I

Dalam rangka mengevaluasi capaian program tahun 2019 dan Rencana Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2020, Puskesmas Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan I tahun 2020, di Aula Puskesmas Putussibau Selatan Kamis (30/1/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Putussibau Selatan Drs. Rusli Kulya, M.Si, dihadiri Forkopimcam, Koordinator pendidikan Kecamatan Putussibau Selatan, Lurah Kedamin Hulu dan Kedamin Hilir, 14 Kepala Desa se Kecamatan Putussibau Selatan, petugas Pustu, Poskesdes dan Polindes se kecamatan Putussibau Selatan yang berjumlah 30 orang.

Kepala Puskesmas Putussibau Selatan dr. Dasmiati Olfah mengungkapkan, permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat disebabkan oleh banyak faktor, dimana sebagai penyebab utamanya diluar faktor kesehatan.

“Penyebab masalah kesehatan diantaranya karena faktor lingkungan, perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan, keadaan demografi dan faktor keturunan”.

Untuk memecahkan masalah kesehatan kata dr. Dasmiati Olfah, dibutuhkan kerjasama lintas sektor yang terkait dengan penyebab terjadinya masalah kesehatan. “Untuk menumbuhkan semangat kerja lintas sektor yang terkait dalam pembangunan kesehatan, diperlukan upaya penggalangan dan peningkatan kerjasam, agar diperoleh hasil yang optimal melalui wadah lokakarya mini lintas sektor”.

Tujuan kegiatan ini untuk penggalangan komitmen lintas sektor, dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Putussibau Selatan. “Kita terus berkomitmen bagaimana meningkatkan pelayana  dibidang kesehatan kepada seluruh masyarakat,” tegasnya

Selanjutnya presentasi tentang capaian kinerja Puskesmas Putussibau Selatan tahun 2019, dan RPK Puskesmas tahun 2020 disampaiakan oleh dr. Ori Aprisia Putri, sekaligus moderator dalam indetifikasi peran masing – masing sektor dan rumusan kerja. Sedangkan untuk kesepakatan dan penandatanganan kerja sama lintas sektor dalam meningkatkan derajad kesehatan masyarakat Putussibau Selatan  dipandu oleh Kepala Puskesmas Putussibau Selatan.

Kegiatan ini dihadiri Kabid Pemberantasan Penyakit Herberia Karosekali, SKM sekaligus mewakili Plt. Kepala Dinas Kesehatan, hadir pula Kasi Pembiayaan Rendra Gunawan, kemudian Kepala KUA Putussibau diwakili Mahfud Laba, S.Sos.I sebagai penyuluh agama, Koordinator pendidikan juga hadir, serta penanggung jawab program Kesehatan di Puskesmas Putussibau Selatan, dengan jumlah undangan hadir sebanyak 52 orang.