Bupati Kapuas Hulu Harapkan Festival Super Red di Empangau Berlanjut

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH menghadiri acara festival seper red arwana di danau lindung Desa Empangau, kecamatan Bunut Hilir, Kamis (30/1/2020) lalu. Kegiatan tersebut digagas TFCA, PAC, Pokmaswas, Kelompok Pengelola Pariwisata Empangau serta konsorsium Swandiri.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menuturkan apresiasinya kepada masyarakat Empangau dan pihak-pihak yang terlibat dalam pelestarian danau lindung Empangau. Menurutnya dalam upaya pelestarian butuh komitmen yang kuat dan itu sudah ada di masyarakat Empangau. “Kami atas nama pemerintah mengapresiasi atas terciptanya serta mengelola danau lindung yang sangat baik di Empangau,” ujar Bupati Nasir.

Terkait ikan Arwana, kata Bupati, tidak semua daerah memilikinya. Seperti ikan super red arwana itu habitat aslinya ada di perairan air tawar yang ada di Bumi Uncak Kapuas. “Ini agar semua orang tahu bahwa habitat arwana itu dari daerah kita, Kapuas Hulu,” tegasnya.

Sebab itu festival arwana perlu diadakan secara rutin di Empangau. Dengan adanya kegiatan rutin maka dapat mengangkat potensi ikan arwana di daerah Empangau dan Kapuas Hulu pada umumnya. “Saya berharap kegiatan ini  bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” tuntas Bupati.

Bupati Nasir dalam kegiatannya di Empangau, turut didampingi sang istri Ny. Erlinawati Nasir yang juga anggota Komite III DPD RI, dapil Kalbar. Kemudian turut serta para Kepala OPD Kapuas Hulu serta masyarakat Empangau. Rombongan Bupati juga turut melakukan restoking super red arwana sebagai bentuk pelestarian endemik air tawar tersebut. (yohanes)