23 Puskesmas dan RSUD Hadiri Penyusunan Laporan Persediaan Obat dan Perbekalan Kesehatan

Persediaan obat dan perbekalan kesehatan merupakan suatu siklus kegiatan yang dimulai dari perencanaan sampai dengan monitoring dan evaluasi yang saling terkait satu sama lainnya. Kegiatannya mencakup perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pencatatan dan pelaporan, penghapusan serta monitoring dan evaluasi.

Dalam rangka penyusunan laporan persediaan obat dan perbekalan kesehatan yang merupakan bagian dari aset Dinas Kesehatan, Seksi Farmasi Makanan dan Minuman menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Konfirmasi Data Persediaan Obat 31 Desember 2019 dengan mengundang 23 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit Pratama dalam sebuah kegiatan.

Kepala Seksi Farmasi Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu mengungkapkan, kegiatan tersebut secara efektif dilaksanakan selama 4 hari dari. “Kegiatan kita mulai dari tanggal 6 Januari sampai dengan 9 Januari 2020 kemarin,” ungkapnya.

Dari kegiatan ini kata dia, diperoleh data persediaan yang lengkap. Untuk itu ia berharap kedepan seluruh Puskemas tetap cermat dalam melakukan pendataan persediaan obat dan perbekalan kesehatan itu. “Karena ini merupakan aset sekaligus sebagai sarana kita untuk melayani masyarakat Kapuas Hulu,” pungkasnya.