Wabup Hadiri Natal Bersama di Pala Pulau

Umat Katolik stasi Pala Pulau, Paroki Hati Santa Prawan Maria, Putussibau mengadakan Natal Bersama di Gereja Santo Ignatius Pala Pulau kecamatan Putussibau Utara, Minggu (12/1/2020). Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, SH, berserta istri Ny. Silvia, A.Md, hadir pada acara tersebut. Bahkan hadir anggota DPRD Kapuas Hulu, Piramli, Maura Marselina Hiroh, Yosef Alexander (tokoh masyarakat Kapuas Hulu), tokoh agama, adat dan organisasi katolik.

Pada kesempatan itu, Wabup mengucapkan selamat hari raya Natal 2019 dan tahun baru 2020 kepada seluruh umat Katolik di Bumi Uncak Kapuas. “Atas nama Pemerintah dan pribadi, saya ucapkan selamat Natal tahun 2019 dan selamat tahun baru 2020 kepada umat dipala pulau dan dimanapun yang merayakannya,” tegas Wabup.

Wabup juga menyatakan permohonan maafnya kepada masyarakat, lantaran perayaan Natal tak berada di Putussibau. “Mohon maaf karena saya melaksanakan Natal di luar daerah, jadi tidak open house,” ujarnya.

Wabup menambahkan dalam kehidupan berbangsa ada tigal yang perlu menjadi perhatian bersama. Pertama situasi negara semakin banyak aturan, dan semakin banyak pelanggaran. Banyak pejabat berurusan dengan hukum. Ini harus refleksi diri, dalam situasi negara seperti ini.

Kedua tentang agama, pada masa kemerdekaan ini tidak pernah dipermasalahkan. Namun akhir ini sudah berubah. “Kita sekarang sudah merdeka, perbedaan jangan jadi permasalahan. Karena kemerdekaan ini kita rebut sama-sama,” tegas Wabup.

Ketiga, lanjutnya, tidak bisa dipungkiri, anak muda cukup banyak yang terjerumus pada hal negatif seperti terpengaruh obat narkoba dan pergaulan bebas. “Kalau terjerumus ke narkoba sangat sulit diobati, harta sebesar apapun akan habis, bahkan nyawanya juga akan habis,” ucapnya.

Disisi lain, tambah Wabup, ada pula ancaman hoax. Ini dapat menyulut perpecahan. “Sebab itu kita harus pelajari informasi yang ada, jangan terpengaruh yang menyesatkan,” tegasnya.

Empat hal ini perlu disikapi dengan baik, khususnya para umat Katolik. “Kita harus ikuti semua secara baik, sesuai dengan tema Natal, kita sebagai sahabat bagi semua orang. Kita Natal, kita tetap bergembira,” tuntas Wabup. (yohanes)