Dinkes Kapuas Hulu Dapat Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan Oleh Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui Biro Perencanaan dan Anggaran melakukan kegiatan penjajakan Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan Tahun 2020 pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (9/1/2020).Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, S.Sos menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yakni untuk mendapatkan informasi awal tentang masalah manajemen Pembangunan Kesehatan di kabupaten.

“Khususnya di jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang akan menjadi lokasi pendampingan,” ungkap Ab, M Nasir.

Selain itu tambahnya, untuk mendapatkan gambaran sejauh mana kebutuhan dan komitmen daerah khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDMSDM di jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bersangkutan.

“Kemudian pihak Kementerian Kesehatan ingin memperoleh konfirmasi kesediaan (Ya/Tidak) dari Dinas Kesehatan untuk dilakukan pendampingan, serta mengetahui intervensi apa yang dibutuhkan oleh daerah,” ulasnya.

Selanjutnya tambah M. Nasir, untuk mendapatkan gambaran kompetensi pendamping yang diharapkan daerah. Hadir dalam kegiatan tersebut narasumber dari Biro Perencanaan Kemenkes Elizabeth Simamora dan Candhra Siahaan. Hadir juga Sekretaris dan Pejabat Struktural serta staf Perencanaan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu. (*)