Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar Cek Kekuatan Pengamanan Pengamanan Natal, Tahun Baru & Pilkada

Polres Kapuas Hulu mengadakan apel tiga pilar dalam rangka persiapan keamanan menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Apel diadakan di Halaman Mapolres Kapuas Hulu, Sabtu (21/12).

Apel tersebut di inspekturi Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H. Bahkan hadir langsung Pangda XII/ Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Komandan Laud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus,S.IP.,M.M., Danlantamal XII Pontianak, Laksma TNI, Agus Hariadi.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi menuturkan apel tiga pilar tersebut sekaligus untuk mengecek kesiapan pengamanan Natal 2019, Tahun Baru 2020 serta Pilkada 2020. Pengecekan secara langsung dihadiri Pangdam XII/Tpr serta petinggi lainnya. “Pengecekan ini semua lengkap, ada Pangdam XII/Tpr dan semua komandan satuan TNI di Kalbar, baik angkatan udara dan laut, serta Danrem,” ucapnya.

Pengecekan ini, kata Kapolda Kalbar, dalam rangka mengetahui seberapa jauh kesiapan seluruh petugas di Kapuas Hulu. Sebab perlu kesiapan dalam mengamankan, melancarkan agenda tahunan natal 2019 dan tahun baru 2020, termasuk Pilkada 2020.

“Keamanan itu yang utama, itu kebutuhan bersama. Oleh karena itu, kita harus ciptakan keamanan itu bersama-sama. Kalau situasi tidak kondusif kita semua susah,” tegasnya.

Terkait tiga pilar (Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) di Kapuas Hulu, Kapolda Kalbar menuturkan apresiasinya. Sebab selama ini kondusifitas di Bumi Uncak Kapuas selalu terjaga.

Saya apresiasi tiga pilar. Selama ini mampu bersama masyarakat menjaga aktifitas sehingga daerah tetap kondusif, pembangunan terlihat maju pesat,” ujarnya.

Sementara itu, Pangdam XII/ Tpr, Mayjen TNI M. Nur Rahmad menuturkan dirinya yakin seluruh kegiatan di Kapuas Hulu siap dilaksanakan dengan baik. Namun yang terpenting tiga pilar harus bersinergis dengan masyarakat.

“Tiga pilar harus terus komitmen bersama masyarakat sinergis. Ini jgn seremoni saja tapi tunjukan kerja nyata,” tegas Pangdam.

Pangdam mengingatkan agar kewaspadaan terus diutamakan. Petakan kerawanan dan siapkan antisipasi dini. “Tantangan dan kerawanan harus kita petakan, untuk langkah antisipasi,” singkatnya.

Apel tiga pilar di Polres Kapuas Hulu, turut dihadiri perwakilan Pemprov Kalbar, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH berserta jajaran Forkopimda Kapuas Hulu. Turut serta Kapolres Ketapang, AKBP R.S. Handoyo, Wabup Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero SH berserta kepala OPD, Pimpinan Ormas dan tokoh masyarakat. (yohanes)