KENAIKAN PANGKAT PRAMUKA PANGKALAN SMPN1 SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Gugus depan 13.003/13.004 melaksanakan kegiatan kenaikan pangkat penggalang di pangkalan SMPN 1 Suhaid yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 18 -19 desember. Upacara pembukaan yang dihadiri oleh seluruh Mabigus, Mabiran, Mabisa, KUA dan ketua Kwaran Kecamatan Suhaid, rabu (18/12/2019).

Dalam amanatnya, ketua Kwaran kecamatan suhaid, Saleh, S.Pd berharap adanya wawasan luas dalam diri seorang yang tergabung di kepramukaan.

” Saya Harap agar pramuka tidak kaku dalam pembelajaran, tidak juga otodidak, tidak monoton, dan bukan pramuka yang menyadur tapi punya karya sendiri.”

Gerakan pramuka merupakan satu-satunya kepanduan yang melaksanakan pembinaan terhadap peserta didik dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar Metodik. Pendidikan Kepramukaan tersebut diarahkan kepada peningkatan kemampuan , keterampilan dan kedisiplinan. Gerakan pramuka dalam jumlah anggota yang cukup besar merupakan salah satu sumber potensi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan Perkemahan yang juga dilaksanakan itu dalam rangka kenaikan pangkat adalah kegiatan pramuka yang bertujuan untuk melantik anggota pramuka penggalang dalam gugus depan SMPN 1 Suhaid.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan hobi dan minat siswa ditengah rawannya pergaulan anak muda. Para siswa yang sedang dalam pencarian jati diri itu memang perlu wadah penyaluran energi dan kreativitas, untuk itu kita bertujuan mengembangkan jati diri siswa dengan mengadakan kegiatan Perkemahan dalam rangka kenaikan pangkat.