Pemda Kapuas Hulu Peringati Hari Bela Negara ke 71


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu menggelar upacara bendera peringatan Hari Bela Negara ke 71 di halaman Sekretariat Daerah setempat, Jumat (19/12/19) pagi.

Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero menjadi inspektur upacara pada kegiatan itu. Upacara turut dihadiri jajaran Forkopimda, OPD dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L. Ain Pamero membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada upacara peringatan Hari Bela Negara itu.

Wabup mengaskan bahwa saat ini tantangan bangsa semakin berat. Oleh karenanta diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, sebgaaiman tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini. “SDM yang unggul menjadi modal kita dalam mengisi pembangunan,” baca Wabup.

Wabup mengungkapkan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, merupakan visi final untuk melahirkan manusia Indonesia paripurna. “Maka sejak tahun 2018 Presiden telah menginstruksikan pelaksanaan Bela Negara, sebagai wujud apresiasi terhadap keahlian masing – masing individu dalam berbagai profesi, yang cinta tanah air, rela berkorban untuk bangsa dan negara,” tuturnya.

Bela Negara itu sendiri, kata Wabup, harus disesuaikan dengan kondisi kekinian di masyarakat, serta disinergikan dengan berbagai pihak. Karena konsep Bela Negara untuk mencapai tujuan bangsa dalam jangka waktu panjang.
“Saat ini bangsa kita terus membangun infrastruktur, sumber daya manusia yang unggul. Dengan sumber daya yang ada, maka nilai – nilai dasar Bela Negara harus terus di tanamkan ke setiap warga negara,” tegas Wabup.
Makanya dalam aksi nasional Bela Negara kedepan harus lebih terstruktur, sistematis dan masif. “Segenap masyarakat dalam setiap profesi masing – masing, menjadikannya sebagai ladang Bela Negara,” kata Wabup mengakhiri sambutan.
Ditemui usai menjadi inspektur upacara, Wabup Anton Pamero berpesan kepada masyarakat Kapuas Hulu dalam berbagai profesi, agar menjadi pembela negara.
“Itu yang paling penting. Untuk masyarakat kita di Kapuas Hulu, dimanapun kita berada kita sebagai warga negara harus terus mempertahankan NKRI,” tuntas Wabup.
Usai upacara, dilaksanakan penyerahan bantuan secara simbolis kepada siswa dan mahasiswa berprestasi, dari Pemkab Kapuas Hulu. (yohanes)