Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2019, 150 Personil Gabungan Amankan Natal dan Tahun Baru

Polres Kapuas Hulu mengadakan apel gelar pasukan Ops terpusat “Lilin Kapuas 2019” di halaman Mapolres Kapuas Hulu, Jumat (19/12). Oprasi lilin tersebut dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 25 Desember 2019 dan perayaan tahun baru 1 Januari 2020.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP. Wedy Mahadi, SIK.,MAP menjadi inspektur upacara pada kegiatan itu. Operasi lilin dijadwalkan mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 itu melibatkan sejumlah instansi terkait lainnya.

Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menegaskan bahwa oprasi lilin melibatkan unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Kesehatan, Satpol PP, Saka Bhayangkara serta pemuda.

Selain itu ada pendirian pos pengamanan hari raya yang tersebar dibeberapa titik. Untuk wilayah Putussibau, kata Kapolres ada satu pos induk yang berada ditengah – tengah masyarakat, atau umat yang merayakan Natal, yakni di komplek Paroki Hati Santa Maria Perawan Tak Bernoda Putussibau.
“Kemudian ada beberapa pos pelayanan terpadu, diantaranya Bandara, dermaga speed, terminal bus. Ini dilakukan guna memastikan keamanan bagi masyarakat yang merayakan natal,” papar Kapolres.

Kapolres AKBP Wedy juga memastikan seluruh personil yang sudah terfloating dalam Ops Lilin Kapuas itu siap mengamankan tempat – tempat ibadah, kemudian kegiatan rutin pengamanan lainnya juga ditingkatkan.
“Karena Ops lilin kapuas 2019 merupakan operasi kemanusian, 24 jam TNI – Polri dan instansi terkait dikerahkan,” tegasnya.

Adapun rincian personil yang dilibatkan dalam Ops Lilin Kapuas 2019, diantaranya Polri 150 personil, TNI 36, Satpol PP18, Dinas Perhubungan 9 Personil, Dinas Kesehatan dan Saka Bhayangkara.

Kapolres menghimbau, kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu khususnya yang merayakan natal dan tahun baru, dengan terselenggaranya Ops lilin Kapuas 2019, keamanan masyarakat dipastikan terjamin, memudahkan masyarakat dalam perjalanan, kelancaran arus lalu lintas.
“Semua aturan berlalu lintas harus kita ditaati, perhatikan keselamatan diri sendiri maupun kesiapan kendaraan. Pastikan keselamatan itu nomor satu, agar kita dapat merayakan natal dan tahun baru dengan baik,” tuntasnya. (yohanes)