Petugas Kesehatan Pada Empat Puskesmas Dikenalkan Sankit

Sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat, Puskesmas memiliki misi untuk menyelenggarakan upaya kesehatan esensial yang bermutu, merata, dan terjangkau sesuai kebutuhan masyarakat, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

Untuk mendukung kinerja tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu terus meningkatkan sarana prasarana yang diperlukan, salah satunya petugas Kesling dibeberapa Puskesmas yang kini dibekali dengan peralatan berupa alat-alat pemeriksaan kualitas udara, pemeriksaan kualitas air dan pemeriksaan kualitas makanan atau Sanitarian Kit.

Dinkes Sabtu Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Orientasi Alat Sanitarian Kit (SanKit)  bagi petugas Kesling di 4 (empat) Puskesmas yaitu Puskesmas Kalis,  Puskesmas Mentebah,  Puskesmas Bunut Hulu dan Puskesmas Bunut Hilir. Sabtu (7/12).

Kegiatan berlangsung di Ruangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Pukul 10. 00 WIB – 12.00 WIB, dengan narasumber langsung dari Teknisi Pusat.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu H. Abang Muhammad Nasir menjelaskan, tujuan dari Orientasi Sankit ini adalah untuk mengenalkan alat-alat yang ada pada Sankit tersebut.

“Sehingga petugas Kesling maupun Petugas Laboratorium bisa menggunakan dan menerapkan alat tersebut di Puskesmas maupun di luar gedung,” ujar Kadinkes.

Lebih lanjut ia menyampaikan, Sanitarian Kit ini berguna untuk mengukur kimia lingkungan (photometer), fisika air (mutimeter) dan mengukur uji kualitas makanan.