Gelar PKG di Suhaid Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru PAUD

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Empat kecamatan gelar Pusat Kegiatan Gugus (PKG) yaitu Kecamatan Suhaid, Semitau, Seberuang dan Selimbau yang dilaksanakan pertama kali dikecamatan suhaid yaitu digedung pertemuan desa nanga suhaid kecamatan suhaid. Sabtu, 7 Desember 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Koordinator Pendidikan (Koordik) Kecamatan Suhaid yang didampingi oleh Kasi Kesra, Kasi Trantib, Kepala KUA serta Kepala Desa Nanga Suhaid, dan di ikuti kurang lebih 100 peserta PKG.

” kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan disisi lain semoga nantinya dalam penerapan disekolah agar guru paud bisa memastikan secara jelas kepada anak – anak tentang apa yang mereka pelajari, karena usia mereka rentan dalam pemahaman, contohnya jika menjelaskan tentang sebuah mobil maka tunjukkan gambar mobilnya, “Jelas Edi Usman ,S.Pd saat membuka kegiatan tersebut.

Kualitas layanan PAUD perlu terus diupayakan sebagai bentuk perwujudan mutu lembaga yang berkualitas. Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan dan menginovasikan pembelajaran PAUD. Langkah pengembangan tentunya perlu didukung oleh profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan agar peningkatan mutu layanan anak usia dini sesuai amanat undang – undang.

“Guru PAUD Kapuas Hulu saat ini sudah sangat memahami pentingnya peningkatan kualitas guru, karena guru yang berkualitas akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas. PKG Paud merupakan salah satu wadah bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru sebagaimana tema kegiatan tersebut dan sesuai dengan amanat Permendikbud RI no 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD. Selamat melaksanakan kegiatan PKG PAUD Tahun 2019 kepada semua peserta, semoga dimanfaatkan sebaik mungkin karena tidak hanya peningkatan mutu guru yang kita harapkan, namun dana yang digunakan adalah bersumber dari APBD 2 tahun 2019 melalui DPA Bidang PAUDM Seksi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu.” ungkap Kasi Paud, Hj Sri Siti Haslindar, S.Pd, M.Si melalui pesan Whatsaap kepada Kim Entugan Hulu.

Selamat melaksanakan kegiatan. PKG PAUD thn 2019 .dana yg digunakan adalah bersumber dari Apbd 2 th 2019 melalui DPA Bid.PAUDM Seksi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Kap.Hulu.

Salah satu wadah yang dapat dimanfaatkan dalam peningkatan kompetensi pendidik adalah dengan mengaktifkan organisasi PKG (Pusat Kegiatan Gugus). Di tempat ini para pendidik dapat saling bertukar informasi secara efektif dan efesian dan diforum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD.

”Maka nanti saya berharap kita serius dalam kegiatan ini, karena ini sangat penting untuk kita berbagi informasi.” ungkap Rini Sulastri selaku ketua PKG kecamatan suhaid.

Sebagi suatu pusat yang memayungi gugus-gugus PAUD. PKG dapat dijadikan sebagai bengkel kerja dalam pengembangan kreasi dan inovasi pembelajaran, dipusat ini guru dapat saling membelajarkan jika ada perbaharuan baik dibidang kurikulum maupun kemajuan sistem informasi, mereka dapat membahasnya bersama. Sehingga lembaga juga dapat dengan cepat menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Salah satu contoh dalam kegiatan tersebut adalah kegiatan pembuatan APE dari bahan belas dan bahan alam serta pembuatan administrasi penilaian.

Mengingat wadah ini sangat berperan dalam pengembangan diri bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD, maka perlu mendapatkan pembinaan agar dapat merealisasikan program-program kerja yang telah disusun dalam rangka membantu para guru yang ingin maju dan ingin berubah ke arah yang lebih maju lagi. Dengan adanya lirikan dari pihak terkait, maka kekurangan dari SDM yang menangani anak usia dini dapat diminimalisir dan kompetensi guru meningkat, serta akhirnya dapat diterapkan dalam mengelola pembelajaran dengan baik, sehingga akhirnya hasil pembelajaran anak usia dini kita juga menjadi baik.

“Semoga melalui kegiatan ini selaras dengan meningkatnya kompetensi guru paud, “Tutup Made Dunye, Kasi Kesra Kecamatan Suhaid.