Diskominfotik Launching Media Center dan Wifi Gratis

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Kapuas Hulu melaunching pengunaan Media Center dan Wifi Gratis, Selasa (3/12). Plt. Asisten II Setda Kapuas Hulu, H. Bung Tomo, M.M. meresmikan fasilitas yang ada di Diskominfotik Kapuas Hulu itu.

Kadis Kominfotik Kapuas Hulu, Ir. Istiwa mengatakan bahwa Diskominfotik Kapuas Hulu merupakan rumah teknologi informasi di Kapuas Hulu. “Semua boleh datang kesini, konsultasi soal web dan lainnya terkait informatika,” ujarnya.

Saat ini, kata Istiwa sudah ada fasilitas wifi gratis bagi masyarakat. 

Bangunan wifi gratis ini sebelumnya adalah bangunan garasi yang dimodif menjadi fasilitas internet. “Masyarakat tidak perlu keluarkan uang di sini. Kami sudah sediakan 3 unit komputer, tahun depan akan ditambah lagi,” ujarnya.

Tahun depan, kata Istiwa, titik wifi gratis akan ditambah juga. Diskominfotik akan buat fasilitas tersebut di lokasi antara di masjid Agung Darunnajah dan rumah sakit Ahmad Diponegoro Putussibau. “Kami harap setiap tahun ada satu titik wifi gratis bisa kita hadirkan,” ujarnya.

Istiwa menambahkan Kominfo saat ini sudah menambah kapasitas hosting. Sebab itu alamat web juga sudah dibuat untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan bahkan kelurahan. “Kami sudah buat juga aplikasi Simantra untuk intergrasi aplikasi antar OPD. Sistem statistik sektoral juga sudah memakai aplikasi,” ucapnya.

Terkait penyebaran informasi, kata Istiwa, para OPD sudah berperan positif. Sekarang ada 533 konten dari OPD kemudian Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 231 konten. “Triwulan ketiga sasaran 1000 konten sudah tercapai,” tuturnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendalami tentang web, Istiwa mengatakan pihaknya membuka tangan untuk membantu. “Kami telah membuat ruang multi media studio, ini bisa dimanfaatkan semua masyarakat untuk konsultasi pengelolaan web. Kami siap membantu selama jam kerja,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Asisten II Setda Kapuas Hulu, Bung Tomo menuturkan bahwa pimpinan Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi Kominfo dan OPD yang sudah aktif berkontribusi dalam bidang Kominfo.

“Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari aktifitas komunikasi,” ujarnya.

Tomo mengatakan saat ini masyarakat harus memilah informasi. Banyak informasi yang datang dari berbagai media, namun pilih mana yang valid, mana yang hoax.

Adanya media center dan internet gratis adalah salah satu bentuk pelayanan. “Kami menyambut baik program ini. Kami harap OPD memberi sumbangsi informasi, ini penting agar masyarakat Kapuas Hulu tahu sejauh mana kinerja yang telah dilakukan Pemda,” ungkap Tomo.

Berkaitan dengan media center dan wifi gratis, kata Tomo, Bupati berharap ini bisa bertambah setiap tahun di lokasi strategis. “Gunakan media center untuk hal positif, lancarkan urusan belajar, bisnis dan kebutuhan pekerjaan. Ini harus lebih masif dimasa yang akan datang,” tuntas Tomo. (yohanes)