Lokakarya Mini Lintas Sektoral Di Kecamatan Suhaid

Laporan Kim Entugan Hulu
Maisidah

Informasi Suhaid. Kegiatan lokakarya mini yang biasa di singkat dengan Lokmin kali ini diadakan di gedung pertemuan Desa Nanga Suhaid Selasa (26/11/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala bidang kesehatan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, Muspika, Manggala Agni, Kepala Desa se – Kecamatan Suhaid, Ketua posyandu dan posbindu se – Kecamatan Suhaid dan perwakilan dari PT Kartika Prima Cipta.

Dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut, Camat Suhaid, Joko Kusmanto SH menghimbau para kepala desa dan Kader posyandu dan posbindu khususnya dikecamatan suhaid agar bersama – sama untuk menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya untuk menghindari terjadi penyakit menular maupun tidak menular, karena lingkungan yang bersih serta tubuh yang sehat tentu tidak akan mudah terserang oleh penyakit ,terutama untuk menghindari gigitan nyamuk demam berdarah yaitu aedes awgypti yang sangat menyukai lingkungan yang lembab dan kotor.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ade hermanto saat menyampaikan materinya, agar para petugas kesehatan yang ada dikecamatan suhaid bisa lebih teliti dan giat untuk memberikan penyuluhan dan melayani masyarakat di bidang kesehatan ,mulai dari penanganan ibu hamil sampai ke pelayanan posyandu dan posbindu, karena menurutnya petugas harus melihat situasi dan kondisi serta memahami setiap tempat dan daerah yang akan dijadikan sasaran penyuluhan kesehatan dan agar memberikan penyuluhan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat.

Upaya pencegahan stunting dan penyakit lainnya bisa dimulai dengan membuang sampah dengan tepat, karena sampah juga bisa di olah untuk dapat menghasilkan uang yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

Menurut Ade Arif selaku kadapos di manggala agni, mengatakan mereka saat ini sudah berhasil mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar premium dan semoga langkah ini bisa ditiru dan dikembangkan oleh masyarakat dengan bantuan kepala desa dan berbagai pihak sebagai wadah sumber pemberdayaan masyarakat.

Mari kita jaga kebersihan dengan memanfaatkan sampah sebagai ladang usaha, sehingga kita mendapatkan lingkungan yang bersih, tubuh sehat serta meningkatkan ekonomi masyarakat, yaitu dengan mengolah sampah menjadi bahan bakar yang sangat berguna bagi kita semua.