Korpri Harus Berinovasi Jalani Roda Pemerintahan

Korps Pegawai Negeri (Kopri) memiliki peran penting dalam jalannya roda pemerintahan di Indoensia. Seiring usianya yang telah menginjak 48 tahun, Korpri dituntut lebih inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan. Tuntutan inovasi kineja terhadap Korpri tersebut juga disampaikan PJ Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, H. Sarbani, M.A.P saat membacakan amanat Presiden pada upacara peringatan HUT Korpri ke 48 di halaman Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Jumat (29/11) pagi.

“Momen HUT Korpri ke 48 hendaknya menjadi pijakan bagi anggota Kopri untuk berinovasi di roda pemerintahan dan dalam tugasnya melayani masyarakat,” tegas Sekda.

Korpri harus bergerak melakukan trobosan, karena korpri merupakan ruhnya birokrasi. Selain merawat persatuan, korpri harus terus menerus memajukan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan bangsa pemenang. “Kopri harus optimis dalam setiap gerak langkahnya,” ujar Sekda.

Perkembangan teknologi semakin cangih dari tahun ke tahun, dari cara kerja juga harus berubah menyesuaikannya. Korpri harus bekerja cepat, cermat dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada saat ini. “Masalah saat ini harus kita selesaikan dengan cara-cara kekinian yang cepat, efisien, serta berdampak luas,” ujarnya.

Korpri kedepannya perlu aktif di media sosial, untuk mengetahui permasalahan di daerah. “Melalui media sosial kita akan lebih cepat tahu permasalahan di lapangan, dengan demikian dapat menentukan langkah yang diperlukan,” tuturnya.

Reformasi birokrasi juga terus dilakukan pergerakan menuju arah good governance (pemerintahan yang baik). Kedepan pelayanan pemerintah harus lebih cepat dan murah, serat jauh dari praktek korupsi. “Perubahan cara pandang, sikap netral, bersih dari korupsi dan semangat melayani, semua itu harus melekat disetiap individu korpri. Pemerintahan bersih mewujudkan reformasi birokrasi sesungguhnya,” pungkas Sekda.