HIMPAUDI Kecamatan Suhaid Gelar Makan Ikan Cegah Stunting

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Himpaudi ( Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini) Cabang Kecamatan Suhaid beserta timnya pada kamis (21 /11/ 19) melaksanakan kegiatan Gerakan Makan Ikan digedung paud tunas bangsa desa nanga Suhaid sebagai salah satu upaya mencegah stunting. Kegiatan tersebut di pelopori oleh pengurus pusat Himpaudi dan diteruskan ke pengurus wilayah (propinsi), kemudian ke pengurus daerah (kabupaten), kemudian sampailah ke kami pengurus cabang Himpaudi (kecamatan).

Sebagai Ketua Himpaudi Cabang Kecamatan Suhaid, Dina Aprilita, S.pd menyambut hangat program Himpaudi yang dilaksanakan secara serentak se indonesia.

” Saya menyambut baik gerakan makan ikan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini, saya sudah share ke group PC Himpaudi Suhaid, namun sayang belum ada respons yg positif, untungnya saya dibantu Bu Misnah dan Bu Desi Putri mencoba untuk melaksanakan kegiatan ini dipaud tunas bangsa, karena sasaran kita adalah anak – anak.” Jelasnya.

Kegiatan Gerakan makan ikan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran para orang tua akan pentingnya mengkonsumsi ikan, khususnya di usia dini karena tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih sangat rendah, yang mengakibatkn berpengaruhnya pada IQ dan tinggi badan.

” Masalah Stunting ini menjadi masalah yang cukup serius, kami pengelola PAUD diharapkan tidak hanya menanamkan nilai karakter, pembiasaan – pembiasaan, namun kebutuhan nutrisi anak juga harus menjadi perhatian, khususnya anak usia 2 – 4 tahun melalui pemberian makanan tambahan yang diberikan setiap sebulan sekali dan kegiatan makan bersama yg dilaksanakan seminggu sekali.” Tutup Dina.

Kasi Paud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Hj. Sri Siti Haslindar, S.Pd, M.Si mendorong semua paud yang ada dilingkungan kabupaten kapuas hulu untuk melaksanakan kegiatan serupa.

“Himpaudi adalah Organisasi profesi guru PAUD. Organisasi mitra pemerintah yang harus mensukseskan program pemerintah, antara lain yaitu Mencegah Stunting., Dan kami sangat mengapresiasi untuk Himpaudi Kec.Suhaid, semoga Himpaudi kecamatan lain bisa melaksanakan kegiatan serupa, terutama kecamatan yang terdapat kantong stunting seperti jongkong, bunut hilir dan embaloh hilir.” ungkapnya.