Giat Dengar Pendapat Tentang Batas Wilayah Lecamatan Suhaid Bersama Pemda Kapuas Hulu

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Pemerintah Kecamatan Suhaid yang didampingi jajaran muspika melaksanakan kegiatan dengar pendapat terkait isu batas desa Lubuk Pengail Kecamatan Suhaid dengan Desa Sepandan Kecamatan Batang Lupar yang sampai saat ini belum ditetapkan kedalam Perbup.

Giat tersebut dilaksanakan digedung pertemuan desa nanga suhaid dan dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kapuas Hulu, 5 Pemerintah Desa Kecamatan Suhaid serta toko masyarakat. Rabu, 20/11/2019.

Dalam kesempatan tersebut, dengan dasar sejarah kerajaan suhaid serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1996 dengan lampiran 15 yang ditetapkan pada tanggal 17 Juni 1996 berupa Peta wilayah kecamatan suhaid, maka masyarakat kecamatan suhaid dengan tegas mempertahankan luas wilayahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Eti Pujiastuti menjelaskan bahwa penggenahan administrasi wilayah sangat penting.

” Persoalan batas antara Batang Lupar dan Suhaid sudah berlangsung lama dan pada tahun 2013 sudah ada tindak lanjut dengan melakukan tracking titik kordinat, namun sepengetahuan kami ini belum final karena tidak ada Berita Acara dalam pelaksanaannya, maka kembali kita telusuri satu persatu dimana persoalannya.” Ungkapnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa penetapan batas wilayah adalah melalui Perbup.

” Maka dari itu kita hadir disini untuk mendengar pendapat tentang batas dan persoalannya, bukan mencari benar dan salah, karena kita ingin menyelesaikan admnistrasi wilayah. Untuk itu, dengan dasar informasi apa yang kami dapatkan dari semua pihak akan kami telusuri.” tambahnya.

Semoga dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu telah membentuk Desk Resolusi Konflik (DRK) Lahan dan Sumber daya Alam melalui SK Bupati Kapuas Hulu No. 110 Tahun 2017 tentang Pembentukan Tim Pembina, Tim Sekretariat, dan Tim Pelaksana Desk Resolusi Konflik Lahan di Kabupaten Kapuas Hulu, semua persoalan Lahan atau batas terselesaikan dengan baik.