BPS Kapuas Hulu Gelar FGD, 2020 Akan Diadakan Sensus Online

By. KIM Juragan.

Putussibau, Kamis (27/11/2019), Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas Hulu kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD). Mengusung tema “Statistik Sektoral Kecamatan dan Sensus Penduduk 2020”, bertempat di Aula Bank Kalbar Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas Hulu Guntur Prahara , SST.M.Si melaporkan, diselenggarakannya kegiatan ini dalam rangka mencapai visi BPS sebagai pelopor data statistik terpecaya untuk semua.

Dengan misinya, menyediakan data statistik berkualitas melalui kegiatan statistik yang terintegrasi dan berstandar nasional maupun internasional.

Selain itu, dengan peraturan presiden Nomor 39 Tahun 2019 Satu Data Indonesia, saat ini Indonesia mulai bergerak untuk dapat mewujudkan Satu Data Indonesia yaitu satu data statistik, satu data geospasial, dan satu data keuangan.

Pengaturan Satu Data Indonesia, dimaksudkan untuk mengatur penyelenggara tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi daerah. Untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta pengendalian pembangunan.

BPS sebagai instansi yang ditugaskan sebagai pembina data, maka perlu melakukan kegiatan FGD sebagai salah satu upaya memasyarakatkan statistik kepada seluruh masyarakat.

Agenda besar yang lain pada tahun 2020 adalah sensus penduduk, pada kesempatan kali ini BPS juga melaksanakan sosialisasi sensus penduduk.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya data statistik  dasar maupun statistik sektoral sebagai langkah awal mencapai satu data Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BPS Provinsi Kalimantan Barat, Diskominfotikkh, serta Dukcapil Kapuas Hulu. Peserta berjumlah 84 peserta yang berasal dari satuan kerja perangkat daerah, camat, serta undangan lainnya, dan pegawai BPS Kabupaten Kapuas Hulu.

Selanjutnya Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Bung Tomo S.Hut.MM. mewakili Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir, S.H., dalam kata sambutannya menyampaikan, menurut UU Nomor 12 Tahun 1996, data statistik terbagi menjadi data statistik dasar, dan data statistik sektoral.

Selain bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kegiatan statistik dasar, sesuai dengan Perpres satu data Indonesia, BPS adalah instansi pusat yang diberikan kewenangan melakukan pembinaan terkait data statistik. Baik pada wali data, produsen data, maupun pengguna data.

Agenda kegiatan merupakan salah satu upaya pembinaan data yang dilakukan oleh BPS Kapuas Hulu dan juga untuk mengakomodasi masukan-masukan dari instansi-instansi terkait sehingga dapat mendukung terciptanya pembangunan berkualitas Indonesia, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu, dan meminimalisir berbagai kendala yang terjadi.

Selain sebagai pembina data BPS sebagai penyelenggara statistik dasar, khususnya kegiatan sensus pada tahun 2020, akan menyelenggarakan kegiatan sensus penduduk yang ke tujuh se-Indonesia.

Kegiatan sensus pada tahun 2020 juga diselenggarakan secara serentak oleh 54 negara di dunia, sensus penduduk 2020 ini merupakan kolaborasi antara BPS dan Dukcapil. Dengan menggunakan metode kombinasi, yaitu dengan cara sensus online dan secara langsung oleh petugas di lapangan.

Sensus online akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret pada tahun 2020.

Sedangkan untuk pencatatan petugas lapangan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Diharapkan kepada peserta untuk turut berpartisipasi dalam mengsukseskan sensus penduduk 2020 demi tercapainya suatu data kependudukan di Indonesia. (Ria).