Perpustakaan keliling berkunjung ke SDN 01 Putussibau

Penigkatan minat baca pelajar Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu tugas dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, peran perpustakaan dalam usaha menumbuhkan minat baca siswa siswi dan membuat perpustakaan menjadi ramai adalah dengan cara membuat suasana, bahan bacaan, dan ruangan dalam perpustakaan yang nyaman serta memberikan fasilitas berupa sarana dan prasarana yang memadai, salah satu fasilista yang di sediakan perpustakaan daerah kabupaten Kapuas Hulu yaitu perpustaaan keliling.

Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang diwujudkan dalam bentuk mobil unit sehingga dapat dipindah-pindahkan ketempat tertentu agar pemakaian perpustakaan ini menjadi luas. Mobil perpustakaan keliling merupakan salah satu layanan dari perpustakaan daerah yang melaksanakan layanan kepada masyarakat secara berpindah-pindah sesuai ketentuan yang direncanakan dan ditentukan. Secara operasional perpustakaan keliling memberikan layanan kepada kelompok masyarakat yang karena sesuatu hal dan kebeberapa sekolah guna meningkatkan minat baca.

Begitu juga dengan Perpustakaan Derah Kabupaten Kapuas Hulu yang berada dibawah naungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu memiliki layanan perpustakaan keliling yang secara rutin melakukan turun lapangan ke berbagai kecamatan atau desa serta sekolah yang berada di Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pada tanggal 21 November 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya Bidang Perpustakaan melakukan layanan Perpustakaan Keliling di SDN 01 Putussibau, pada saat layanan perpustakaan keliling mendatangi sekolah tersebut antusias anak-anak di SDN 01 Putussibau sangat baik dan dengan penuh semangat untuk membaca buku di perpustakaan keliling. Adapun kegiatan yang dilakukan ketika leyanan perpustakaan anatara lain mengajak anak-anak di lingkungan tersebut untuk membaca buku dan berbagi pemahaman tentang pentingnya membaca buku untuk perkembagan diri dan melakukan tanya jawab ke siswa siswi terkain buku yang mereka baca kemudian membagikan beberapa baju perpustakan keliling ke siswa-siswi yang bisa menjawab.

Ketika akan melaksanakan kegiatan layanan perpustakaan keliling terlebih dahulu petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kapuas Hulu meminta ijin kepada kepala sekolah untuk melakukan pelayanan perpustakaan keliling. pada saat pelayanan perpustakaan keliling tersebut di hadiri oleh Kasi Program dan Pengembangan Perpustakaan, serta beberapa orang Staf Bidang Perpustakaan.

Tujuan utama dari layanan perpustakaan keliling yang dilakukan antara lain agar pelajar kabupaten Kapuas hulu juga bisa merasakan atau menikmati koleksi yang ada di perpustakaan daerah kabupaten Kapuas hulu serta untuk meningkatkan minat baca di seluluh kalangan masyarakat kabupaten kapaus hulu terutama para pelajar.