Wabup Tegaskan 4 Kunci Strategi Pengendalian Inflasi Daerah

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, S.H. menegaskan dalam penyusunan roadmap pengendalian inflasi daerah harus ada strategi yang dipersiapkan. Menurut Wabup ada empat kunci strategi yang perlu diperhatikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pengendalian inflasi daerah harus ikut empat kunci strategi, yaitu ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi yang efektif,” tegas Wabup, disela kegiatan rapat koordinasi tim inflasi daerah di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kapuas Hulu, Rabu (6/11).

Pada rapat itu, Wabup juga mewanti-wanti tekait kesedian sembilan bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat Kapuas Hulu. Apalagi bulan depan akan ada hari besar keagamaan yakni perayaan Natal.

“Saya minta Dinas Perdagangan terus awasi stok sembako, terutama menjelang Natal,” tegasnya.

Kemudian kesediaan gas Elpiji 3 Kg perlu diawasi, termasuk masalah harga. Sebab pernah terjadi peningkatan harga yang cukup signifikan di masyarakat.

“Masalah harga Elpiji 3kg yang naik perlu diantisipasi,” ujarnya.

Selain tentang gas Elpiji, Wabup juga menyoroti tentang komoditi hasil pengolahan ubi kayu yaitu tepung tapioka. “Komoditi tapioka untuk stok yang ada saat ini perlu dipikirkan juga pemasarannya, jika keluar belum mampu dipasarkan saja secara lokal,” tuntas Wabup.

Rapat koordinasi tim inflasi daerah yang dipimpin Wabup turut dihadiri Pj Sekda, H. Sarbani, M.A.P serta pejabat Forkopimda dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kapuas Hulu. (yohanes)