Pelantikan Dewan Kerja Ambalan Gudep Soekarno-Fatmawati angkatan ke-10

by. KIM Juragan

Pelantikan Dewan Kerja Ambalan Penegak Bantara Gugus Depan Soekarno Fatmawati angkatan ke-10 yang dilaksanakan 1 hari, di lingkungan MAN 1 Kapuas Hulu, sabtu 02/11/19.

Upacara pembukaan dibuka oleh Iskandar Syahputra Gunawan, M. Pd. I, selaku Kamabigus beliau memberi motivasi kepada calon dewan ambalan angkatan ke-10 dan memberi dukungan sepenuhnya kepada panitia, dan penyelenggara kegiatan.

Adapun kegiatan inti lainnya yaitu :

  1. Free test (Tes Kepemimpinan),
  2. Sidang visi misi yang dilakukan oleh Pembina Pramuka, Juru Adat, Tekhnik Kepramukaan, dan perwakilan Guru MAN 1 Kapuas Hulu.
  3. Penjelajahan Kepemimpinan dimana di setiap pos terdapat pertanyaan mengenai Kepramukaan, seperti AD/ART Gudep Soekarno-Fatmawati, Pengetahuan Kepramukaan, dan Pengetahuan tentang Kepengurusan Dewan Ambalan.
  4. Post Test. Disini setiap Calon Dewan Ambalan akan diberikan pertanyaan dan harus menjawabnya. Diberikan beberapa pertanyaan mengenai Kesimpulan kegiatan, AD/ART tentang kepramukaan, sejarah kepramukaan, lagu Hymne Pramuka, Filosofi Badge Ambalan Gudep Pramuka Soekarno-Fatmawati.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu Mengembangkan sikap, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,teguh mandiri,peduli dan bertanggung jawab serta meningkatkan tali persaudaraan, memberi bekal dan pengalaman praktis yang mendasar tentang berkemah sebagai acara kegiatan dialam terbuka dalam rangka menerapkan metode kepramukaan, dan menempa segala kemampuan peserta didik dari beberapa aspek antara lain IQ,SQ dan EQ.

Alhafiz selaku Pradana Putra berharap “Calon Dewan Ambalan yang baru dapat mengemban tanggung jawab yang akan mereka terima dan menjalankan tugas dengan penuh semangat.

Sedangkan Arty Supraningsih selaku Pradana Putri berharap “pengurus baru dapat mengemban amanat dengan baik dan bertanggung jawab sepenuhnya, Seorang pemimpin sebenarnya harus dan perlu rela korban baik itu materi, fisik maupun waktu. Saya harap pengurus baru ini dapat membawa nama baik Gudep Soekarno-Fatmawati baik di kancah Daerah, Kabupaten, Provinsi, insya Allah Nasional,” tuturnya. (Usmardan).