Membangun Kembali Era Komunitas Olahraga Mahasiswa Iqra’ (KOMIK)

By. KIM Juragan.

STIT Iqra’ beralamat di Jl. Lintas Selatan No.KM. 9, Sibau Hilir, Putussibau Sel., Kabupaten Kapuas Hulu .

Kapuas Hulu, Info Kapuas Hulu – Selain memiliki BEM, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) IQRA’ kapuas Hulu juga memiliki Lembaga Minat Bakat yang menaungi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). 

UKM merupakan club ekstrakurikuler yang berfungsi sebagai wadah mahasiswa untuk mempelajari dan mengeksplor banyak hal baru serta meningkatkan kemampuan dalam bidang yang diinginkan.

UKM hampir sama dengan ekstrakulikuler yang ada saat SMA. Terkadang di dalam departemen atau institusi juga terdapat club tempat mahasiswa bisa mengeksplor minat dan hobinya. didalam UKM terdapar beberapa organisasi salah satunya yaitu KOMIK (Komunitas Olahraga Mahasiswa Iqra’).

KOMIK bergerak di Bidang Olahraga. KOMIK sendiri adalah organisasi intra kampus (didalam kampus).

KOMIK berada dibawah naungan Wakil Ketua III bagian Kemahasiswaan. Wakil Ketua III menjadi pembina KOMIK, sedangkan penanggung jawab adalah kepala STIT Iqra’.

Komik terbentuk untuk mengakomodir minat dan bakat mahasiswa STIT Iqra’ khususnya di bidang olahraga.

KOMIK STIT Iqra’ berdiri pada tahun 2009. KOMIK STIT Iqra’ masih aktif dari tahun 2009 sampai dengan 2015. Dari tahun 2015 – 2019 KOMIK STIT Iqra’ sempat vakum dikarenakan kurangnya Mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan UKM KOMIK.

Di tahun 2019 ini, STIT Iqra’ mulai menghidupkan kembali KOMIK. Alasan dihidupkan kembali karena KOMIK sudah diisi oleh Mahasiswa maupun mahasiswi yang punya keinginan tinggi untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang olahraga.

Dari pihak pengelola dan pembina tidak bisa mengakomodir keinginan Mahasiswa karena keterbatasan anggaran dari pengelola STIT IQRA’kapuas Hulu.

Wakil Ketua 3, Pak Hardimansyah M. Pd. Berharap “kampus dapat mengakomodir dari keinginan mahasiswa tidak fokus pada satu bidang olahraga dan tidak juga bermasalah atau terbatas anggaran, jika pihak pihak luar mau berkontribusi untuk mengembangkan STIT Iqra’ satu satunya perguruan Islam di Kapuas Hulu. Dengan mensupport berupa bantuan untuk mengembangkan olahraga olahraga lain untuk mengembangkan minat bakat mahasiswa.” (Usmardan)