RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau Sosialisasi Peran Vitamin D

RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau gelar sosialisasi Peran Vitamin D di lingkungan RSUD dr. Achmad Diponegoro (31/10/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Oktober.

Nurhayati Ayang yang biasa dipanggil Ayang, menerangkan Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kadar kalsium dan mineral di dalam tubuh.

“Indonesia berada di wilayah tropis, sehingga vitamin D yang asalnya bersumber dari matahari mudah didapat. Selain itu dari sisi ekonomi, menguntungkan orang Indonesia. Karena bisa mendapatkan Vitamin D yang berlimpah, secara gratis. Sementara di belahan bumi lainnya ada yang memiliki empat musim, harus menanti kedatangan musim panas atau summer,” ujar Ayang, narasumber di sosialisasi Peran Vitamin D. (31/10/2019).

Ia menyampaikan, waktu terbaik untuk jemur badan di bawah sinar matahari pagi hari adalah di atas pukul 9, karena pada pukul tersebut, sinar ultraviolet B (UVB) dari matahari terbentuk sempurna, yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

“Waktu berjemur 10 hingga 15 menit di atas pukul 9. Namun di atas pukul 11, lama waktu berjemur 3 menit,” terang Ayang, perawat RSUD dr. Achmad Diponegoro Putussibau.

Di dalam sinar UVB terdapat kandungan Vitamin D yang dibutuhkan tulang. Sehingga tulang kita sehat dan terlindungi dari pengeroposan.

Sinar UVB matahari juga merangsang sel-sel kulit untuk memproduksi Vitamin D.

“Tidak perlu suplemen Vitamin D, kita bisa dapatkan gratis dari sinar matahari,” ucapnya.    

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan rutin promo kesehatan rumah sakit, disampaikan oleh Ayang, Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kadar kalsium dan mineral di dalam tubuh.

“Kalsium dan mineral ini penting untuk membentuk dan melindungi struktur tulang dan gigi,” ujarnya.

Untuk menjaga tulang bukan hanya mineral kalsium yang dibutuhkan, tetapi juga Vitamin D.

“Keduanya harus seimbang untuk bisa cegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Akan tetapi ada hubungannya Vitamin D dan Kalsium,”

Untuk Menguatkan tulang, Kalsium tidak bekerja sendiri di dalam tubuh. Salah satunya bersama dengan vitamin D. Vitamin D sangat penting dalam membantu tubuh menyerap Kalsium dan Menggunakan Kalsium.

Tubuh tidak menyerap Kalsium sama sekali tanpa kehadiran Vitamin D yang cukup di dalam tubuh.

“Jadi saat Vitamin D masuk, tubuh akan langsung mengubahnya menjadi hormon calcitriol, hormon ini yang nantinya akan membantu penyerapan Kalsium di usus,” terangnya.

Vitamin D juga akan merangsang zat yang akan mengangkut kalsium masuk ke dalam dinding usus dan membawanya sampai ke darah. Bila proses pengangkutan kalsium ini lancar dan kalsium sudah ada di dalam darah, maka penyerapan berhasil dengan baik. (Ria).

Nurhayati Ayang, Narasumber.