Memotivasi Minat dan Bakat Siswa MAN 1 Kapuas Hulu Melalui Peringatan Sumpah Pemuda

by. KIM Juragan.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa MAN 1 Kapuas Hulu melaksanakan berbagai kegiatan.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di antaranya: Karnaval,  lomba cerdas cermat, debat Bahasa Indonesia, debat Bahasa Inggris, dan penampilan kreatifitas.

Rute karnaval dimulai dari MAN 1 Kapuas Hulu menuju Jl. Abdurrahman, melewati Jl. Kom Yos Sudarso, melewati Jl. M. Yasin, melewati Jl. Ahmad Dogom sampai kembali lagi ke Jl. Abdurrahman.

Peserta Karnaval adalah seluruh siswa-siswi MAN 1 Kapuas Hulu yang menggunakan pakaian Adat ataupun pakaian profesi.

Bervariasinya pakaian yang digunakan siswa dari Aparatur negara sampai kepada petani, menunjukkan semangat para peserta dalam memperingati sumpah pemuda

Debat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dilaksanakan di Ruang Kelas MAN 1 Kapuas Hulu. Peserta debat bahasa Indonesia adalah semua tim perwakilan dari kelas XI sedangkan untuk debat bahasa Inggris adalah semua tim perwakilan dari kelas X.

Debat ini dilaksanakan selain untuk menambah wawasan dan memupuk rasa bersaing secara kompetitif juga untuk seleksi untuk ajang OSK.

Lomba Cerdas Cermat (LCC) dilaksanakan di Aula MAN 1 Kapuas Hulu. Soal LCC dibacakan kepada keseluruhan peserta,  terdapat 2 pilihan dan peserta dipersilakan untuk mengangkat tangan saat jawabannya disebutkan. Bagi peserta yang salah dalam menjawab dianggap gagal.

Penampilan kreatifitas sendiri dilaksanakan di halaman utama MAN 1 Kapuas Hulu. Para peserta diberikan waktu 8-12 menit untuk menampilkan kreatifitas dari masing masing kelas.

Seluruh kegiatan dilaksanakan pada 29 Oktober 2019, dimulai dari pukul 07.00 s/d selesai. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala MAN 1 Kapuas Hulu, bapak Iskandar Syahputra Gunawan M. Pd. I.

Peserta dari kegiatan ini adalah seluruh siswa/csiswi MAN 1 Kapuas Hulu. Antusias para siswa dalam memperingati Sumpah Pemuda ini terlihat jelas saat peserta mengikuti seluruh pelaksanaan kegiatan dengan penuh semangat dan sikap bersaing yang kompetitif.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah : Untuk meningkatkan solidaritas siswa dan siswi; Untuk menggali potensi bakat yang ada pada diri masing masing siswa dan siswi; Menyambung ikatan silaturahmi antar siswa dan menumbuhkan sportifitas seluruh siswa. (Usmardan).