Festival Danau Sentarum Masuk Kalender Pariwisata Nasional

Kunjungan wisatawan manca negara (Wisman) di kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menunjukan peningkatan yang signifikan. Hal inipun mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Regional II, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Fahmizal Usman mengatakan bahwa data kunjungan wisman di Bumi Uncak Kapuas meningkat lebih dari dua kali lipat. “Peningkatan wisman yang berkunjung ke Kapuas Hulu saat ini mencapai 278 persen, setelah adanya dorongan program festival danau sentarum dan cross borader,” ucap Fahmi, saat menghadiri Festival Danau Sentarum di Lanjak, kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, belum lama ini.

Peningkatan wisman tersebut, kata Fahmi, itu membuktikan bahwa Kapuas Hulu layak untuk terus didorong jadi destenasi utama di Indonesia. Apalagi Kapuas Hulu ini adalah mukanya Indonesia. “Program croos boarder adalah super extra ordinary program, termasuk Festival Danau Sentarum. Keduanya mencerminkan kekayaan alam dan budaya Indonesia. Event ini diharapkan menarik wisatawan mancanegara, sekaligus gerakan ekonomi masyarakat Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Fahmi menegaskan bahwa pariwisata akan memberi dampak besar ke masyarakat, hal ini sudah terbukti dengan beberapa kota di Indonesia yang berkembang dengan dorongan sektor pariwisata, salah satunya Bali. “Kapuas Hulu juga bisa demikian tapi ini butuh komitmen Bupatinya. Seperti untuk pelaksanaan festival danau sentarum ini sudah terlihat dukungannya Bupati, kedepan harus didorong terus,” tegasnya.

Fahmi menuturkan festival danau sentarum sudah masuk kalender event nasional. Hal itu tentu ada penilaian dari Kemenpar RI dalam setiap pelaksanaannya. “Ada lima hal yang harus dilakukan Bupati terkait pariwisata, mulai dari komitmen, konsistensi, kreatifitas, komersial, komunikasi dan promosi melalui media massa. Kami di Kemenpar RI meminta agar sesegeranya event ini di sampaikan lagi jadwalnya oleh Pemda Kapuas Hulu, untuk pelaksanaannya tahun 2020,” tuntas Fahmi. (yohanes)