Busana Adat Warnai Peringati Sumpah Pemuda

Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, di Halaman Sekretariat Daerah setempat, Senin (28/10) pagi. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sangat unik karena sarat dengan nuansa budaya, perserta dan inspektur upacara tampak mengenakan busana adat.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH mengatakan dirinya sangat berharap agar generasi muda berperan aktif dalam melestarikan adat istiadat. Dengan demikian kekayaan budaya daerah tidak akan hilang seiring perkembangan zaman.

“Kebudayaan adalah aset kita, sebab itu pemuda-pemuda saat ini harus terlibat aktif dalam kegiatan kebudayaan agar kelak anak cucu kita masih bisa melihat kebudayaannya,” tegas Bupati.

Bupati menegaskan pemuda Kapuas Hulu kedepannya harus mampu bersaing, bukan hanya tingkat nasional tapi juga tingkat internasional. Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat, perlu juga di imbangi oleh kaum muda di daerah.

“Pemuda kita harus melek teknologi agar dapat bersaing dengan daerah lain atau negara lain,” tegasnya.

Bupati mengatakan pemuda juga mesti berperan dalam pembangunan utamanya seperti disektor pertanian, olahraga, kebudayaan dan sebagainya dengan memanfaatkan teknologi yang ada. ”Jangan gunakan kemajuan teknologi untuk hal-hal negetif sebab bisa berdampak terhadap hukum,” tuntas Nasir.

Sementara itu Ketua Sapma PP Kapuas Hulu, M. Barry Fernando menghimbau kepada generasi muda Bumi Uncak Kapuas agar terlibat aktif dalam mengisi pembangunan. Generasi muda saat ini menjadi kunci kemajuan bangsa dan negara dimasa mendatang terkhusus Kapuas Hulu. ”Mari kita bahu membahu dalam memperjuangkan pembangunan dalam bentuk menghargai pengorbanan para pahlawan terdahulu,” ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada pemuda agar menghidupkan kembali semangat gotong royong, selain itu, pemuda juga harus berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI. “Apalagi mengingat kita ini berada diwilayah perbatasan,” tuntasnya. (yohanes)