PENTINGNYA SISKAMLING DI DESA

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan bersama meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita selaku warga kecamatan suhaid dengan mengerahkan aparat penegak hukum seperti Polri dan TNI.

Kendati demikian, kita harus tetap berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan yang bisa saja terjadi di waktu-waktu yang tak terduga ketika lepas dari pengamanan aparat pemerintah.

Sebenarnya di negara kita telah mengenal adanya program pengamanan oleh masyarakat yang merupakan sangat efektif jika dilaksanakan dengan baik. Program tersebut adalah sistim keamanan lingkungan atau yang biasa disingkat dengan siskamling. Program yang diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam.

Pertanyaannya adalah, apakah siskamling sudah diterapkan di desa atau hanya sebagai program saja, namun paling tidak siskamling diberlakukan sebagai upaya pencegahan tindak kejahatan agar tidak terjadi ke 2 kali jika kecolongan terdapat peristiwa kejahatan seperti pencurian atau pembobolan rumah warga.

Dengan adanya kejadian pembobolan beberapa rumah di desa nanga suhaid, kepala dusun kampung baru berharap kegiatan siskamling segera dilakukan.

“harus dilakukan ronda malam, ini demi keamanan masyarakat kita, jika diperlukan dibuat aturan untuk tidak beraktivitas diluar rumah diatas jam 11 malam kecuali ada kepentingan mendesak.” Ungkap Supardi saat mendatangi Sekretariat KIM Entugan Hulu (25/10/2019).

Sejalan dengan pernyataan diatas, Kepala Dusun Sungai Lalau, Saiful Kabib menambahkan bahwa pembangunan pos ronda harus direalsiasi.

” Tahun 2021 akan kita prioritaskan pembangunan pos ronda untuk empat dusun didesa nanga suhaid, ini harus, tapi kegiatan ronda tidak harus menunggu pos, harus mulai sekarang, akan kita susun jadwalnya.” ungkap Saiful Kabib.

Ditemui di Mapolsek Suhaid, Kapolsek Suhaid, Iptu Tibi Endroviko menegaskan bahwa keamanan lingkungan merupakan prioritas aparat penegak hukum dan merupakan tanggungjawab bersama.

“Kita dari kepolisian akan terus meningkatkan keamanan lingkungan karena ini merupakan tanggungjawab bersama, dan kami menghimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.” tegasnya.

Untuk itu, sangat penting jika pemerintah desa, kecamatan , aparat penegak hukum dan masyarakat bisa bersinergi dalam melaksanakan penjagaan keamanan lingkungan karena hal tersebut sangat diharuskan demi terciptanya keamanan.

Suasana malam didesa nanga suhaid