BMKG Prediksi Hujan Lebat, Kiat-Kiat Menjaga Kesehatan

By. KIM Juragan.

Jalanan setelah hujan.

Musim hujan telah tiba, dalam beberapa hari ini hampir setiap hari kota Putussibau dan sekitarnya, diguyur hujan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi cuaca di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (23/10/2019).

Di mana cuaca pada siang hari 60 persen berpotensi hujan lebat, suhu berkisar 32 derajat celcius, kecepatan angin 4 kilometer perjam.

Malam ini diperkirakan hujan petir 90 persen, suhu derajat 24 derajat celcius, kecepatan angin 9 kilometer perjam.

Sedangkan cuaca pada dini hari atau subuh, Kamis (24/10/2019), diperkirakan 95 persen hujan lebat. Suhu derajat 23 celcius celcius, kecepatan angin 4 kilometer perjam

Kemudian cuaca besok pagi, diperkirakan90 persen berawan, suhu derajat 23 derajat celcius, kecepatan angin 4 kilometer perjam.

Siang harinya diperkirakan 60 persen hujan lokal, suhu derajat 33 derajat celcius, kecepatan angin 9 kilometer perjam.

Pada malam hari diperkirakan 90 persen udara kabur, suhu derajat 24 derajat celcius, kecepatan angin 9 kilometer perjam.

Memasuki musim hujan, ada beberapa jenis penyakit yang harus diwaspadai. Beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang pada musim pancaroba, antara lain penyakit yang ditukarkan melalui vektor nyamuk seperti, demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD), Chikungunya, dan virus Zika.

“Selain itu infeksi saluran nafas dan influenza juga sering menyerang terutama pada anak-anak balita di musim pancaroba ini,” terang dr. Jusenda Hutasoit. Rabu(23/10/2019), melalui Whatsapp.

Iapun memberikan kiat-kiat agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut, yaitu tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat, baik itu di rumah, maupun di lingkungan sekitarnya.

Melakukan hand hygiene, menjaga asupan gizi seimbang, istirahat yang cukup, konsumsi vitamin C dan Zinc yang cukup, olahraga teratur dan perbanyak minum air putih.    

Namun tidak perlu takut dengan hujan. Karena hujan adalah rahmat dari Sang Maha Pencipta. Hujan memiliki aroma yang khas, baik itu saat sedang hujan, maupun setelah hujan.

Aroma itu disebut dengan petrichor. Sebagian orang menyukai aroma ini.