Sistem Pemilu Pemilihan OSIS/MPK MAN 1 KH

Para peserta didik MAN 1 Kapuas Hulu kembali menyelenggarakan agenda rutin tahunan. Yaitu, Pemilihan Ketua OSIS dan MPK, Jum’at (18/10/19). Pelaksanaan kegiatan pemilihan dilaksanakan secara langsung dengan aturan seperti pemilihan kepala daerah ataupun pemilu yang digelar oleh KPU.

Layaknya pemilu yang diadakan KPU, Bakal Calon (Balon) Ketua OSIS dan MPK mengisi formulir dan melengkapi persyaratan sebagai Calon Ketua OSIS dan MPK sebagai seleksi awal. Adapun syarat Balon ketua OSIS/MPK, yaitu: Berakhlakul karimah; Mempunyai jiwa kepemimpinan; dan Punya prestasi akademik ataupun non akademik.

Ada 14 siswa yang mendaftar, setelah melalui tes wawancara dengan guru BP/BK sebagai tes psikologis Balon, kemudian hasil tes dirundingkan dengan WakaSis dan anggota OSIS/MPK senior (kelas XII), kemudian terpilih lah masing masing dua pasang Balon Ketua OSIS dan MPK.

Setelah terpilih 2 pasang Kandidat ketua OSIS dan MPK dilanjutkan dengan Debat Kandidat Balon pada hari senin 14 oktober 2019 yang diawali dengan sambutan ketua OSIS periode 2018/2019 Fachrian Nanda Pratama dilanjutkan sambutan Kepala MAN 1 Kapuas Hulu Bpk Iskandar Syahputra Gunawan, M. Pd. I sekaligus membuka acara Debat terbuka tersebut.

Ada 3 juri dalam debat ini,  yaitu Ibu Hapisiah Aprillina, S. Pd, Bapak Andi Kurniawansyah, S. Pd, dan Ibu Eka Supriana Sari,  S. Pd.

Ada beberapa sesi dalam debat ini. Sesi pertama dewan juri mengajukan pertanyaan kepada kandidat OSIS dan MPK satu per satu.  Dilanjutkan dengan sesama Kandidat Calon Ketua OSIS dan MPK saling melempar pertanyaan dan menanggapi jawaban dari Kandidat calon tersebut, dilanjutkan  masing-masing wakil dari kelas X, XI,  dan XII memberikan pertanyaan kepada semua Kandidat Ketua OSIS/MPK.

Kegiatan Pemilihan Umum nya dilaksanakan pada hari jum’at, 18 Oktober 2019 Ba’da sholat Jum’at dan dilanjutkan dengan perhitungan suara secara terbuka.

Prosedur Pemilihan Ketua OSIS dan MPK dibuat seperti tata cara pemilu yang dilaksanakan pemilu, ambil kertas suara, pemilih masuk ke bilik untuk nyoblos, kemudian memasukkan kartu suara ke kotak yg disediakan dan terakhir mencelupkan jari ke tinta sebagai tanda bahwa pemilih sudah mengeluarkan hak pilihnya.

Hasil dari perhitungan suara adalah :
Kandidat Ketua dan Wakil Osis dengan nomor urut 1 (Teddy Kurniawan & Mayasari)  memperoleh 139 suara,  sedangkan untuk nomor urut 2 (Adhitia Pratama & Putri Icha) memperoleh 197 suara. 59 suara tidak sah dengan total 395 suara. Kemudian kandidat Ketua dan Wakil MPK dengan Nomor Urut 1 (Ratna Hari Santi & M. Iqbal Abi Maiwa) memperolah 273 suara, sedangkan untuk nomor urut 2 (Asep Sudirman & Nafa Muharni)  memperoleh 74 suara. 48 suara tidak sah dengan total  395 suara.

“Harapan saya untuk siswa/i yang terpilih

  1. Dapat meningkatkan kedisiplinan pribadi Calon Ketua OSIS/MPK dan bisa menjadi contoh siswa yang lainnya.
  2. Mampu membawa nama baik sekolah lebih baik lagi,baik melalui prestasi akademik dan non akademik
  3. Mampu menciptakan kondisi yang aman , nyaman , dan damai bagi warga sekolah
  4. Menyelenggarakan program yang dapat menjadikan ajang penyaluran bakat siswa .
  5. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan kerja keras.” Ujar Bu Yeni Budi Hastuti, S.E selaku Waka Kesiswaan MAN 1 Kapuas Hulu. (Usmardan).