Efektif Membentengi Anak Muda di Masa Kini Melalui Pramuka

By. KIM Juragan

Putussibau, Info Kapuas Hulu – Pembina Pramuka Suparman mengatakan, membentengi anak muda di masa kini, sebenarnya yang paling efektif adalah dengan pramuka. Minggu (20/10/2019), di Bumi Perkemahan Alambhana Wanawai Komplek Kodim 1206 Putussibau.

Oleh karena itu, ia mengajak pemuda di manapun berada, khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Ayo pramuka!

Kepramukaan diera sekarang, jelasnya, ada Undang-undangnya, dan dikurikulum 2013 pramuka itu sudah diwajibkan untuk ekstrakurikulernya.

Kepramukaan sudah dipercaya penuh oleh pemerintah. Bagi anggota yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan itu, terangnya, biasanya tidak ikut tawuran, minum minuman keras.

“Karena ia mendapatkan di kepramukaan pelajaran keimanan, ketaqwaan, dan kenegaraan,” paparnya kepada KIM Juragan.

Ia menerangkan, kegiatan ekstra bisa dilakukan dengan tiga cara, salah satunya dengan regular. Di tiap sekolah, ada gugus depannya dan seterusnya.

“Jadi ada latihan, kemudian secara aktualisasi, digunakan semacam penataran di sekolah itu. Yang ketiga sistem blok. Setiap semester ada pertemuan, dan diadakan pertemuan khusus untuk kegiatan dibidang kependidikan dan kepramukaan,” ujarnya.

Pada sistem aktualisasi, peserta tidak diwajibkan memakai seragam pramuka, tetapi di  dalamnya terdapat materi kepramukaan. Untuk regular ada gudep, latihannya menggunakan  baju pramuka.

Sementara itu Kak Noto yang bernama lengkap Noto hadi santoso, mengatakan keterlibatannya di kepramukaan, untuk memberikan motivasi kepada para peserta pramuka khursus. Agar mereka berbakti berbakti kepada nusa dan bangsa dengan kerelaan dan keikhlasan. (Ria).