Angkat Wisata Alam dan Kuliner Kapuas Hulu

Kapuas Hulu merupakan kabupaten konservasi yang memiliki banyak potensi wisata alam. Disamping itu, Bumi Uncak Kapuas juga terkenal dengan kuliner daerahnya, seperti kerupuk basah yang saat ini ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kapuas Hulu mendorong agar semua pihak, utamanya masyarakat, untuk membangun sektor wisata dengan memanfaatkan potensi alam dan kuliner daerah.

“Bicara wisata, sekarang orang-orang lebih suka pada wisata ke objek yang alami sepert candi, pantai dan potensi alam. Ini jadi potensi yang bisa dikejar masyarakat karena Kapuas Hulu punya banyak potensi wisata alamnya,” ucap Bupati, saat meremikan objek wisata kolam bunga lita di Kecamatan Mentebah, Minggu (20/10).

Kapuas Hulu yang punya banyak danau dan sungai, kata Bupati, bisa dikembangkan jadi potensi wisata memancing. “Bisa saja seperti objek wisata memancing ikan semah atau ikan lainnya,” ujarnya.

Kalau di Jerman atau wilayah Eropa Timur, lanjut Bupati, ada satu kampung yang kalau di Indonesia itu seperti Kapuas Hulu ini. Disana ada wisata kuliner yang menjual hanya makanan daerah itu. “Ini juga bisa kit kembangkan di daerah kita. Kita banyak makanan tradisional,” tuntasnya. (yohanes)