KPPN Putussibau Ikuti Penilaian WBK 2019

By. KIM Juragan

Putussibau, Info Kapuas Hulu – Di tahun ini KPPN Putussibau mengikuti proses penilaian sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Penilaian dilakukan oleh TIM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Sebetulnya KPPN di Kalimantan barat ada enam, dua di antaranya KPPN Pontianak dan KPPN Singkawang sudah memperoleh predikat WBK tahun kemarin, sekarang keduanya sedang dalam penilaian Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).” Ujar Heru Marthono, ketua KPPN Putussibau. (20/10/2019).

WBBM tingkatannya lebih tinggi dari WBK. Sementara empat KPPN lainnya yaitu Kabupaten Sanggau, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang, Kabuapten Kapuas Hulu, di tahun ini baru tahap ikut meraih predikat WBK.

Penilaiannya sendiri dilakukan oleh KemenPAN-RB, survei itu dilakukan kepada satker-satker mitra kerja KPPN.

Untuk saat ini, lanjutnya, hasilnya belum bisa diketahui, karena sedang tahapan proses yang dilakukan secara on the spot. Tim KemenPAN-RB mendatangi KPPN, untuk memastikan kriteria-kriteria yang disarankan memperoleh predikat WBK.

Dengan kondisi yang ada, sebagian apa yang diusulkan, akan dilakukan secara telekonferensi. “Pada awal November, akan dilakukan penilaian oleh KemenPAN-RB, meskipun dilakukan dengan telekonferensi,” terangnya.

Ia berharap supaya KPPN Putussibau dapat memperoleh predikat WBK. “Di Kapuas Hulu, baru KPPN Putussibau yang sudah mencapai tahap penilaian WBK oleh KemenPAN-RB. Sehingga harapan berikutnya, satker lainnya yang ada di Kapuas Hulu, bisa termotivasi supaya berusaha memperoleh predikat WBK,” ujarnya.

Pada predikat itu harapannya ada proses, dan ada hasil. Namun KPPN Putussibau masih di dalam proses penilaian. Artinya untuk mencapai predikat itu kita ada harus melalui proses.

Proses itu ada enam komponen pengungkit, di antaranya: Manajemen perubahan; Penguatan tata laksana; Manajemen SDM; Penguatan akuntabilitas; Penguatan pengawasan; Peningkatan pelayanan publik.

Ia memohon doa kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar KPPN Putussibau meraih predikat WBK. (Ria).