Sat Pol PP Berikan Perhatian Khusus Kebersihan Lingkungan

By. KIM Juragan.

Putussibau, Info Kapuas Hulu – Saat ini Indonesia memproduksi sampah 64 juta ton per tahun. Dari angka itu, 14 persen merupakan sampah plastik atau 9 juta ton per tahunnya. Hal itu membuat Indonesia sebagai penghasil sampah plastik terbesar di dunia.

Tingkat daur ulang sampah plastik di Indonesia masih sangat rendah hanya berada pada angka 9-10 persen. sebagian besar sampah plastik berakhir di tempat pembuangan akhir sampah, sisanya berakhir di sungai.

Persoalan sampah di Indonesia, khususnya di Bumi Uncak Kapuas menjadi perhatian khusus pemerintah. Pada hari Rabu 16/10/19, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kapuas Hulu  telah melaksanakan kegiatan sosial dalam rangka cipta kondisi bersih di Jalan Lintas selatan, desa Kedamin darat, Kecamatan Putussibau Selatan.

Kegiatan cipta Kondisi bersih Satuan Polisi Pamong Praja Kapuas Hulu dipimpin langsung Kasi Ops Azmiansyah,S.IP beserta anggota sebanyak 30 personil bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Tujuan kegiatan cipta kondisi bersih dilaksanakan,  guna menumbuhkan rasa kebersamaan anggota Sat.Pol PP, kepedulian kepada lingkungan yang bersih, bagi anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kapuas Hulu.

Kedepannya kerja sama Lintas OPD terkait akan terus ditingkat, dan bekerjasama memonitor kepada oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan, seperti di sungai kapuas dan bibir pantai sungai atau anak sungai lainnya serta di tempat drainase yang menyebabkan penangakal aliran sungai serta penyumbatan Aliran Drainase.

Berdasarkan keterangan dari Dinas Lingkungan Hidup, Fajar, pihaknya sudah menyediakan tempat sampah seperti Kedamin, Putussibau Selatan.

Untuk sementara ini kegiatan bersih-bersih sampah masih terfokus di terminal Kedamin, kedepannya pihak Dinas Lingkungan Hidup akan berupaya menyediakan Tempat Pembuangan Sampah Sementara. 

Permasalahan sampah adalah tanggung jawab semua, pemerintah dan semua masyarakat Kapuas Hulu. Sebelum permasalahan sampah menjadi permasalah yang serius dan berdampak pencemaran, maka himbauan kepada seluluh lapisan masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, untuk selalu menjaga lingkungan terutama budaya membuang sampah pada tempatnya.

Kepada masyarakat supaya perduli dengan sampah dan buanglah sampah Pada Tempatnya. (Ria).