DPRD KH Ajak Semua Pihak Perjuangkan Legalitas Kratom

Komoditi daun kratom atau daun purik telah menjadi sandaran ekonomi bagi sebagian besar masyarakat Kapuas Hulu saat ini. Pasalnya komoditi tersebut telah menyentuh pasar manca negara yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

Pemda dan DPRD Kapuas Hulu terus memperjuangkan legalitasnya, agar kelak dapat menjadi mata pencaharian utama yang mensejahterakan masyarakat.

Ketua sementara DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi mengatakan bahwa DPRD dan Pemda Kapuas Hulu melihat kratom sebagai bagian dari kesejahteraan masyarakat. Untuk itu perjuangan dari sisi Pemerintahan telah diupayakan semaksimal mungkin hingga ke Kemenkopolhukan RI. “Dalam perjuangan melegalkan kratom ini kami sampai ke Kemenkopolhukam RI, disana kami dan Bupati sempat bertemu perwakilan kementerian terkait,” tegas Kuswandi, saat menghadiri kegiatan pemeberian SK Koprabuh di Gedung MABM, Jalan Budaya kecamatan Putussibau Selatan, Kamis (17/10).

Kuswandi mengatakan kratom adalah anugrah dari Allah yang perlu dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. Agar hal itu dapat terwujud maka semua pihak harus sama-sama memperjuangkannya. “Kratom perlu diperjuangkan tata kelolanya dan regulasi. Selain menjaga kualitas, harganya juga kedepan bisa mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Kajian terhadap kratom juga harus terus dilakukan agar pihak-pihak berwenang tidak melihat kratom dari sisi yang tidak baik saja, tetapi memperhatikan juga manfaatnya. “Kami berharap Pemda Kapuas Hulu bisa mengupayakan penelitian kratom ke BPPT,” ucap Kuswandi.

Terkait kratom saat ini yang salah adalah kegiatan penyalahgunaannya. Dalam hal penyalahgunaan, kata Kuswandi, bukan hanya komoditi ini saja yang bermasalah, komoditi lain kalau disalahgunakan juga bisa melanggar aturan negara.

“Tetapi sebagai putra bangsa kita juga harus tetap mengikuti aturan yang berlaku,” paparnya.

Disisi lain, kata Kuswandi dengan kehadiran koprabuh di Kapuas Hulu diharapkan mampu memberi kontribusi dalam hal memajukan kratom. Utamanya dalam menjaga dan pertahankan kestabilan harga kratom di masyarakat. “Masyarakat sangat mengharapkan ini. Koperasi juga dihadirkan untuk memajukan perekonomian masyarakat sebagai persertanya,” tuntas Ketua DPRD Kapuas Hulu. (yohanes)