Puskesmas Silat Hilir Gelar Sosialisasi BELKAGA

Filariasis, atau yang lebih dikenal dengan kaki gajah, adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing filaria. Cacing dengan bentuk seperti benang ini hidup pada sistem limfatik (kelenjar getah bening) manusia. Di dalam sistem limfatik, cacing akan memengaruhi sistem imun tubuh dan menyebabkan infeksi.

Penyakit ini membuat beberapa bagian tubuh Anda membengkak, terutama pada kaki, lengan, dan alat kelamin luar. Namun, tak menutup kemungkinan payudara juga akan membengkak. Filariasis termasuk penyakit kronis yang bisa memberikan efek jangka panjang. Anda akan mengalami nyeri dan pembengkakan tubuh dalam waktu yang lama hingga kehilangan kemampuan seksual.

Sosialisasi Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) Penyakit Filariasis tingkat Kecamatan Silat Hilir dilaksanakan di Ruang Kerja Puskesmas Silat Hilir, Selasa (15/102019). Kegiatan yang dihadiri unsur Muspika dan Kades se Kecamatan Silat Hilir itu dibuka langsung oleh Camat Silat Hilir.

Kepala Puskesmas Silat Hilir menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk mengoptimalkan kerjasama lintas sektoral, dalam pelaksanaan Bulan Eliminasi Kaki Gajah di Kecamatan Silat Hilir Tahun 2019.

“Sasaran dari pada kegiatan sosialisasi BELKAGA ini adalah Lintas Sektoral, yakni Muspika, Kades di Kecamatan Silat Hilir,” ungkap Kepala Puskesmas.

Kemudian,  Sosialisasi BELKAGA oleh narasumber. Setelah sosialisasi,  dilanjutkan dengan sesi diskusi.  Di dalam diskusi, Kepala Puskesmas meminta kerjasama dengan pihak Lintas Sektoral untuk bersama-sama mensukseskan Bulan Eliminasi Kaki Gajah di Kecamatan Silat Hilir Tahun 2019.

Dengan membentuk Pos-Pos pembagian obat kaki gajah di setiap desa yang melibatkan peran serta Nakes dan Kader. Dan, semua Kepala Desa sepakat. Acara kembali ditutup oleh Camat Silat Hilir