Budayakan PHBS Sejak Dini Puskemas Kalis Lakukan Penyuluhan Ke Sekolah

Membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) perlu ditanamkan sejak dini. Dalam rangka mengedukasi masyarakat untuk menerapkan PHBS, Puskesmas Kalis Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan penyuluhan PHBS dan Praktek Cara Sikat Gigi. Kegiatan tersebut diadakan di SD Negeri 08 Ribang Kadeng Kecamatan Kalis, Senin (14/10/2019)

Selaku narasumber kegiatan Diana Mariana A.Md. ken.SKM menyampaikan, PHBS di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat.

“Manfaat Pembinaan PHBS di Sekolah terciptanya sekolah yang bersih dan sehat, sehingga siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai gangguan dan ancaman penyakit,” ungkap Diana Mariana yang juga didampingi narasumber lainnya Norma Juliana AMd. Kg.

Disamping itu kata Diana Mariana, untuk meningkatkan semangat proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa serta citra sekolah sebagai institusi pendidikan semakin meningkat sehingga mampu menarik minat orang tua.

“Meningkatkan citra pemerintah daerah di bidang pendidikan, dan menjadi percontohan sekolah sehat bagi daerah lain,” jelasnya.

Kegiatan penyuluhan ke sekolah yang dilaksanakan jajaran Puskesmas Kalis tersebut disambut baik Kepala Sekolah SDN 08 Ribang Kadeng Kecamatan Kalis A. Iskandar S.Pd.,SD .

“Dengan dilaksanakanya penyuluhan, peserta  didik termotivasi untuk hidup sehat sehingga dapat menjadi pelopor kesehatan untuk generasi muda di lingkunganya. Semoga gigi anak bersih dan sehat, sehingga anak – anak didik tidak sakit gigi,” harap Iskandar Kegiatan tersebut dihadiri guru UKS dan kepala sekolah serta sama anak murid sebanyak 52 orang.