Manfaatkan BOS Untuk Dorong Pelaksanaan UNBK

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH mengarahkan kepada seluruh satuan pendidikan di kabupaten Kapuas Hulu agar memanfaatkan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dalam menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dengan demikian pelaksanaan UNBK di Bumi Uncak Kapuas bisa menyeluruh di setiap sekolah.

“Kami harap BOS bisa dorong realisasi pelaksanaan UNBK 100 persen di Kapuas Hulu,” tegas Bupati saat menghadiri Sosialisasi Permendikbud Nomor 31 tahun 2019, di aula Bank Kalbar, Selasa (15/10).

Bupati juga menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu telah berupaya memenuhi fasilitas di sekolah-sekolah, demi mewujudkan pelaksanaan UNBK. “Dulu dana BOS daerah kami pangkas Rp 3 Miliar untuk pengadaan komputer untuk pelaksanaan UNBK. Mungkin kedepan pengadaan komputer ini bisa dipinjam ke sekolah lain untuk saling bantu dalam pelaksanaan UNBK atau kebutuhan pekerjaan sekolah, inikan milik negara jadi dimanfaatkan untuk sekolah lain semestinya juga bisa,” tegas Bupati.

Selain terkait UNBK, Bupati juga menyinggung tentang pemanfaatan BOS untuk pengadaan aset. Bupati mengatakan apa yang diadakan oleh BOS bukan menjadi milik pribadi guru ataupun kepala sekolah. “Fasilitas akses rumah belajar jadi aset satuan pendidikan dan harus terdata dengan baik, jangan sampai itu jadi temuan. Aset sekolah juga bukanlah milik pribadi,” tegasnya lagi.

Teknis pemanfaatan BOS perlu diperjelas, sebab telah ada aturan terbaru. Namun yang terpenting, kata Bupati, pemanfaatan BOS harus sesuai aturan berlaku. “Manfaatkan dana ini sebaik mungkin, ikuti regulasi yang ada. Pertanggungjawaban jangan ditunda-tunda, kalau ditunda beban kerja akan semakin banyak,” ujar Bupati

Disisi lain, Bupati juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan seluruh satuan pendidikan dan Disdikbud Kapuas Hulu, sebab telah bekerja keras berasama-sama dan mendapat prestasi yang baik untuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik), tingkat nasional. Kapuas Hulu saat ini ada di peringkat 6 nasional dalam hal Dapodik. “Untuk Dapodik Kapuas Hulu secara nasional di pringkat ke 6. Ini kalau kita malas input data tentu tidak bisa kita raih, sebab itu saya apresiasi Disdikbud dan sekolah-sekolah yang ada di Kapuas Hulu,” ujar Bupati.

Kedepannya Bupati mengharapkan Disdikbud dan jajarannya terus mendorong mutu pendidikan di Bumi Uncak Kapuas. Hal ini penting agar Kapuas Hulu memiliki sumber daya manusia yang unggul dimasa yang akan datang. “Pembangunan pendidikan juga harus memperhatikan kepribadian. Ini di negara maju mereka mengedepankan kualitas manusianya,” tuntas Bupati.

Terkait Sosialisasi Permendikbud Nomor 31 tahun 2019, kegiatan ini diadakan Disdikbud Kapuas Hulu. Kegiatan tersebut dihadiri Forkompinda setempat, Kepala Disdikbud Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, M.Si serta para kepala satuan pendidikan di Kapuas Hulu. (yohanes)