Tingkatkan Gizi Masyarakat Puskesmas Empanang Adakan Lomba Cipta Menu MP ASI

Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam rangka peningkatan gizi bagi masyarakat di wilayah perbatasan RI – Malaysia di Kabupaten Kapuas. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu, Puskesmas Empanang, Kecamatan Empanang melaksanakan “Lomba Cipta Menu MP – ASI dan Makanan Tambahan Berbahan Dasar Lokal” di Aula Kecamatan setempat Sabtu (11/10/2019). Kegiatan tersebut dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi bahan – bahan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Kegiatan dihadiri Ketua PKK Kecamatan Empanang sekaligus membuka acar, kemudian turut hadir Ketua PKK Desa, para Ibu bayi/balita yang memiliki masalah gizi, Kader posyandu, Plt. Kepala Puskesmas, Pj P2M, Pj Gizi, Bidan Desa dan Panitia Kegiatan dari Staf Puskesmas Empanang.

Kepala Puskesmas Empanang Susana A.Md menyampaikan, dengan adanya lomba tersebut diharapkan bisa mengatasi masalah gizi di Kecamatan Empanang, terutama stunting yang ada di wilayah perbatasan tersebut.

“Kami berharap untuk tahun selanjutnya, desa yang melaksanakan dengan peserta ibu balita, sedangkan kami dari Puskesmas hanya sebagai pendamping,” tutur Susana.

Oleh karenanya, Susana menekankan setiap ibu balita bisa mengimplementasikan apa yang sudah di praktekkan di Posyandu, sehingga kesehatan ibu dan balita, serta tumbuhkembang anak menjadi lebih baik.

Susana juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kecamatan Empanang, sehingga kegiatan “Lomba Cipta Menu MP – ASI dan Makanan Tambahan Berbahan Dasar Lokal itu berjalan dengan baik.

“Karena ada dukungan dari pihak Kecamatan dalam hal ini Camat Empanang, yang selalu mengontrol jalannya kegiatan dan memfasilitasi peralatan dapur. Pada kesempatan tersebut, Ketua PKK Kecamatan Empanang berharap untuk kegiatan seperti ini agar dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan lintas sektor, mulai dari unsur PKK Kecamatan, dan para guru di Kecamatan Empanang.