Enam Puskesmas di Kapuas Hulu Disurvei Akreditasi

Dalam rangka persiapan survei akreditas untuk beberapa Puskesmas tahun 2019, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan pertemuan H-1 Survei Reakreditasi Puskesmas Bunut Hilir dan Putussibau Selatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu H. Ab. Muhammad Nasir mengungkapkan, tim surveyor Kementerian Kesehatan RI melakukan survei dalam rangka akreditasi fasilitas kesehatan terhadap beberapa Puskesmas di Kapuas Hulu.

“Saat ini tim surveyor melakukan surve akreditasi kedua Puskesmas yakni Puskesmas Putussibau Selatan dan Bunut Hilir,” terang Ab. M Nasir, Jumat (11/10/2019).

Lebih lanjut beliau mengatakan, sepanjang 2019 ini sudah ada enam Puskesmas di Bumi Uncak Kapuas yang telah dilakukan survei akreditasi diantaranya, Puskesmas Putussibau Utara, Hulu Gurung, Putussibau Selatan dan Bunut Hilir, Puring Kencana dan Badau. .

“Tujuan dari akreditasi puskesmas adalah untuk meningkatkan status puskesmas serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sebab mutu pelayanan kesehatan harus dilihat dari berbagai aspek sehingga aspek-aspek tersebut dilakukan survei sebelum diakreditasi,” jelasnya.

Puskesmas tersebut disurvei oleh lembaga independen yang disahkan oleh Kementerian Kesehatan yang dinamakan Komite Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). plt Kadis berharap, setelah survei akreditasi ini Puskesmas mengalami peningkatan status.

“Seperti Putussibau Utara  dari utama ke paripurna, Puskesmas Putussibau Selatan, Hulu Gurung, Bunut Hilir dari Madya ke Utama,” tandasnya.