Puskesmas Suhaid Laksanakan Sosialisasi PHBS Kepada Krida MA Al Muttaqin

Dalam rangka mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat, Puskesmas Suhaid menggelar kegiatan sosialisasi PHBS di Sekolah kepada Krida SBH MA Al – Muttaqin di Aula MA setempat, Jumat (4/10/2019).

Kegiatan yang bertemakan PHBS di Lingkungan Sekolah tersebut dihadiri sekitar 30 siswa, dengan narasumber Fenny Apriana Permatasari, SKM dari tenaga Promkes Puskesmas Suhaid.

Sementara itu, Pj Promkes Puskesmas Suhaid Yuni Hastuti, SKM ketika membuka kegiatan mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut agar siswa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah.

“Ruang lingkup mengarang pada praktik perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah, terdiri dari sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran,” papar Yuni Hastuti.

Ditambahkannya, indikator PHBS di sekolah diantaranya mencuci tangan dengan air mengalir dan memakai sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat.

“Selain itu melakukan olahraga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok dilingkungan sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, dan membuang sampah pada tempatnya. Manfaat pembinaan PHBS di sekolah,” tambah Yuni Hastuti.

Dengan demikian kata Yuni, maka akan tercipta suasana lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, sehingga akan meningkatkan semangat belajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa.

“Bahkan citra sekolah sebagai institusi pendidikan semakin meningkat sehingga mampu menarik minat orangtua, meningkatkan citra Pemerintah Daerah di bidang pendidikan, dan menjadi percontohan sekolah sehat bagi daerah lain,” ucapnya. Sosialisasi penerapan PHBS di Sekolah menekankan kepada peserta didik dalam penggunaan jamban sehat dan air bersih, pemberantasan sarang nyamuk, larangan merokok disekolah dan kawasan tanpa rokok, dan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini disampaikan Fenny Apriana Permatasari, SKM dari tenaga Promkes Puskesmas Suhaid.