Puskesmas Putussibau Utara Laksanakan Penyluhan CTPS dan DBD

Perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun (CTPS) perlu ditanamkan sejak dini. Oleh karenanya, Puskesmas Putussibau Utara memandang perlu melaksanakan penyuluhan kepada para pelajar, seperti yang dilaksanakan pada peserta didik SD Negeri 05 Putussibau, Jumat (4/10/2019).

Selain penyuluhan CTPS, Promkes Puskesmas Putussibau Utara juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyuluhan tersebut diikuti sebanyak 62 siswa – siswi SDN 05 Putussibau yakni Kelas 4 – 6.

“Penyuluhan yang kita laksanakan di SD Negeri 05 Putussibau Utara ini bertujuan agar anak – anak senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat dengan cara cuci tangan pakai sabun,” terang Kiki Hutagalung, SKM Petugas Promkes Puskesmas Putussibau Utara sebagai narasumber kegiatan.

Kiki yang juga didampingi narasumber lainnya Japri, S. Kep menambahkan, maksud atau tujuan lainnya yakni mengkampanyekan tentang CTPS dan meningkatkan pengetahuan serta kesadaran perilaku sehat pada anak sejak dini.

“Disamping itu kita juga menyampaikan tentang bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) serta pencegahanya dengan cara selalu menjaga  kebersihan lingkungan,” tambah Kiki.

Sementara itu, Kaepala Sekolah SDN 05 Putussibau Asbahani, MS,S.Pd.SD ketika membuka kegiatan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Puskesmas Putussibau Utara yang bisa melaksanakan penyuluhan tentang CTPS dan DBD untuk peserta didik sekolah setempat. “Dengan dilaksanakanya penyuluhan ini, khususnya peserta didik di SDN 05 Putussibau ini dapat mengetahui tentang pentingnya melakukan cuci tangan pakai sabun, kemudian mereka juga bisa memahami tentang penyakit DBD,” tutur Asbahani.