GIAT CAPTURING TPID KECAMATAN SUHAID DI DESA MADANG PERMAI

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Suhaid mengadakan kunjungan ke UPPKS Bunda Sukses Desa Madang Permai. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Capturing, yang merupakan bagian dari kegiatan program inovasi desa. Capturing dalam program inovasi desa merupakan salah satu langkah dalam proses penangkapan pengetahuan inovatif untuk menghasilkan dokumen pembelajaran. Kamis 3 September 2019.

Menurut Ketua UPPKS Bunda Sukses, Maisidah bahwa Capturing pertama ini mengenalkan bahan dan teknis membuat abon dan amplang.

“Kami memilih membuat abon dan amplang karena bahan sangat mudah didapat disekitar kita dan sangat banyak, yaitu bisa menggunakan daging ikan, proses pembuatannya juga sangat mudah dipelajari oleh masyarakat sehingga bisa membantu menopang perekonomian keluarga, bahkan untuk pemasaran bisa dijual secara rumahan, online, keliling maupun kedepannya bisa bermitra dengan bumdes.” ungkapnya.

Semoga dengan diangkatnya pemberdayaan masyarakat desa madang permai, melalui UPPKS Bunda Sukses tentang abon dan amplang ini kedalam Bursa Inovasi Desa Madang Permai nantinya dapat menjadi contoh oleh Desa lain di Kecamatan Suhaid. Sehingga dapat tercapainya tujuan pengembangan ekonomi lokal dan percepatan pembangunan desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.